Info News

Wanita dengan Kanker Payudara Bisa Panjang Umur Jika Bertubuh Kekar


Kanker Payudara - Seorang perempuan yang sudah terdiagnosis kanker payudara, maka sebaiknya ia harus rutin melakukan olahraga beban. Bisa menggunakan alat seperti di gym atau bisa juga mengandalkan berat tubuh sendiri. Mengapa demikian? Penelitian yang terbaru telah menyebut langkah seperti ini sebagai cara untuk bertahan hidup.

Dilansir dari Tech Times, Senin (9/4/2018), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Oncology Journal telah menunjukkan bahwa wanita dengan kanker payudara memungkinkan mereka untuk bertahan hidup lebih lama bila memiliki massa otot yang besar.

Penelitian ini dilakukan pada sebanyak 3.000 wanita dari Kaiser Permanente dari California Utara dan juga Dana Faber Cancer Institute yang sudah didiagnosis kanker payudara stadium II dan III, dari awal tahun 2000 hingga akhir 2013. Para peneliti melihat hasil dari CT scan peserta untuk menentukan hubungan antara massa otot dan dengan tingkat kematian.

Baca juga : Ngerinya Kalau Nggak Segera Cek Rahim dan Payudara

Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, para peneliti telah menemukan seorang wanita dengan massa otot yang lebih tinggi mempunyai tingkat kelangsungan hidup yang tinggi, terlepas dari usia dan juga stadium kanker yang dialaminya. Sebaliknya, seorang wanita dengan massa otot yang lebih rendah mempunyai resiko kematian yang lebih tinggi.

Dari hasil penelitian itu, para peneliti memang tidak menemukan suatu alasan massa otot yang lebih tinggi berpengaruh pada kelangsungan hidup yang lebih lama pada seseorang. Tetapi demikian, peneliti melihat adanya suatu hubungan jaringan otot yang mengalami peradangan dikarenakan kanker payudara dengan peningkatan timbunan lemak pada tubuh.

Peneliti dari Kaiser Permanente, Bette Caan, juga mengaku dirinya terkejut menemukan seorang pasien kanker payudara dengan massa otot yang lebih rendah cenderung memiliki resiko kematian yang sangat tinggi. Dia mengatakan sarkopenia atau juga massa otot yang lebih rendah, bisa digunakan untuk menyusun rencana penanganan ataupun perawatan pada pasien dengan kanker payudara stadium II dan III.


Latihan Fisik bagi Wanita dengan Kanker Payudara

Kanker payudara itu memang menjadi momok tersendiri bagi kaum wanita didunia. Tetapi demikian, bukan berarti seorang wanita dengan kanker payudaranya akan kehilangan harapan untuk hidup.

Oleh sebab itulah, seorang wanita bisa melakukan latihan fisik, misalnya seperti angkat beban, squats, lunges, dan juga yoga. Selain itu, penting juga bagi kaum wanita untuk melakukan pola makan kaya protein, contohnya seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, dan juga kacang.

Tidak hanya itu saja, selain berolahraga, seorang wanita disarankan untuk bisa menghindari rokok, minuman beralkohol, serta mengkonsumsi makanan berserat supaya terhindar dari serangan kanker payudara.

Baca artikel sebelumnya : No Bra Day, Apa Itu dan Apa Pentingnya bagi Kesehatan?

Demikian informasi tentang pembahasan dari Kanker Payudara yang hingga saat ini masih menjadi momok bagi kaum perempuan. Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga anda senang menyimak informasinya...

Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar