Info News

Penyintas Kanker Payudara Nyeri Punggung? Harus Segera Periksa


Berita Seputar Kanker Payudara - Penyintas kanker payudara tidak boleh menganggap remeh apabila merasakan rasa nyeri punggung, nyeri pinggang, atau boyoken yang berlangsung secara terus-menerus. Dokter spesialis bedah dan sekaligus konsultan spesialis ortopedi dan traumatologi Errol Hutagalung menyarankan bahwa orang yang mengalami hal semacam itu untuk segera memeriksakannya.

Baca juga : Payudara Kecil Mudahkan dalam Deteksi Dini Kanker?

"Orang yang punya riwayat kanker payudara jangan bilang 'Ah biasalah'. Harus segera ke dokter untuk membuktikan itu (nyeri) bukan karena sebaran kanker," tutur Errol dalam acara seminar yang diadakan oleh YKPI dan PERWATUSI di Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2017).

Data telah menunjukkan, sebanyak 70-80 persen pasien kanker payudara dengan stadium lanjut mengalami masalah penyebaran kanker payudara ke tulang. Data di RS Ciptomangunkusumo juga menunjukkan sebaran sel kanker paling sering ke area tulang punggung, hal tersebut ini berbanding lurus dengan data kepustakaan di dunia.

"Makanya kalau mengeluh linu-linu, sakit tulang belakang, itu harus dibuktikan bukan karena sebaran sel kanker ke tulang. Jangan (langsung) dikasih obat antirematik," tuturnya.

Apabila memang terjadi penyebaran sel kanker ke tulang, masih bisa segera dilakukan intervensi supaya kondisi tidak semakin parah. Selain pemberian obat nyeri, bisa dilakukan juga dengan terapi radiasi dan pengobatan lainnya.

Baca artikel sebelumnya : Ngeri, Sel Kanker Payudara Rentan Menyebar ke Tulang

Nah, itu saja informasi singkat terkait Berita Seputar Kanker Payudara yang mungkin bisa anda pelajari dan pahami untuk ke depannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak...

Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar