Info News

Ngeri, Sel Kanker Payudara Rentan Menyebar ke Tulang

gejala kanker sudah menyebar, cara agar kanker tidak menyebar, obat kanker yang sudah menyebar, metastasis kanker payudara ke hati, sembuh dari kanker payudara metastase, ciri kanker payudara yang usdah menyebar, metastase kanker payudara, berapa lama kanker payudara menyebar, gambar benjolan kanker payudara, kanker payudara stadium 3, kanker payudara stadium 4, kanker payudara stadium 2, benjolan kanker payudara seperti apa, penyebab kanker payudara seperti apa, penyebab kanker payudara, gejala kanker payudara, gambar kanker payudara

Berita Seputar Kanker Payudara - Pasien kanker payudara dengan stadium lanjut beresiko mengalami masalah penyebaran sel-sel kanker (metastasis) ke tulang. Data telah menunjukkan bahwa sekitar 70-80% pasien kanker payudara stadium lanjut akan mengalami penyebaran sel kanker ke tulang.

"Paling tidak ada 60-70 persen, terutama pada stadium (kanker payudara) 2B ke atas berisiko menyebar ke tulang," ujar dokter spesialis bedah onkologi Walta Gautama.

Baca juga : Penderita Pasien Kanker Payudara Tertipu Pengobatan Herbal

Dr. Walta juga memaparkan bahwa tulang itu merupakan jaringan yang disukai oleh sel-sel kanker untuk mereka tumbuh. Awalnya, sel-sel kanker yang berasal dari payudara tersebut menyebar melalui pembuluh darah, kemudian masuk ke jaringan tulang. Lalu, jaringan tulang akan merespon dengan mengeluarkan zat-zat yang mendukung pertumbuhan sel-sel kanker tersebut.

"Begitu sel kanker dari payudara itu masuk ke tulang akan membuat sel-sel kanker aktif lagi," kata Dr. Walta.

Salah satu tanda atau gejala kehadiran sel kanker di tulang yaitu rasa nyeri yang secara terus-menerus dan fraktur patologis (patah tulang). Biasanya target yang disasar itu sering terjadi di tulang punggung, kemudian baru disusul dengan rusuk, panggul, dan juga tulang-tulang panjang.

"Metastasis ini menyebabkan terjadi ketidakseimbangan struktur tulang. Ada tulang yang keropos atau ada tulang yang tumbuh secara berlebihan," kata Dr. Walta dalam acara seminar yang digelar oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia yang bekerjasama dengan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia di Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2017).

Beragam cara ampuh bisa dilakukan untuk menegakkan diagnosis seseorang mengalami metastasis sel kanker payudara ke tulang. Diantaranya adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium dan juga pemeriksaan radiologis meliputi bone scan lalu spot photo. Jika masih diperlukan, maka bakal dilakukan MRI.

Cara Atasi

Dr. Walta mengatakan bahwa penyebaran sel-sel kanker ke tulang itu relatif tidak berat. Meski begitu, kualitas hidup seseorang jadi menurun.

"Bayangkan saja bila awalnya orang itu aktif begitu terjadi gangguan tulang, tulangnya patah, dia jadi enggak aktif. Memang tidak mengancam langsung terhadap kematian, tapi menganggu aktivitasnya yang bisa membuat mental seseorang jadi drop," kata Dr. Walta.

Untuk mengakhiri penyebaran sel kanker ke tulang sendiri, selain memberikan obat antinyeri, dokter juga akan melakukan sebuah terapi radiasi. Hal ini dilakukan agar menghentikan proses di tulang akibat kehadiran sel kanker tersebut.

"Selain itu terapi radiasi juga untuk mengurangi nyeri. Sehingga selaput tulang berhenti tidak menghantarkan nyeri," tambah Dr. Walta.

Baca artikel sebelumnya : Sulit Hamil, Wanita Lebih Berisiko Kanker Payudara

Demikian informasi tentang Berita Seputar Kanker Payudara yang dapat kami sampaikan disini. Semoga bermanfaat dan buat wanita, jagalah kesehatan tubuh. Terima kasih banyak...

Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar