Info News

Cat Rambut Warna Gelap Timbulkan Risiko Kanker Payudara

bahaya cat rambut miranda, merk cat rambut berbahaya, efek samping cat rambut miranda, efek semir rambut hitam, merk cat rambut yang aman, dampak positif mewarnai rambut, alergi cat rambut apa obatnya, efek samping cat rambut garnier, pencegahan kanker payudara, kebiasaan yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara, jurnal faktor risiko kanker payudara, cara mengurangi resiko kanker payudara, penyebab kanker payudara, kelompok beresiko terkena kanker payudara, faktor resiko kanker payudara yang dapat diubah, faktor resiko kanker payudara pdf

Kanker Payudara - Sebuah studi baru yang diterbitkan pada tahun ini membuat kaum wanita mempertimbangkan kembali untuk memberikan cat pewarna rambut, terutama pewarna rambut yang berwarna gelap (hitam, cokelat). Di balik pewarna rambut yang tampak segar dipandang itu ternyata tersembunyi resiko tinggi munculnya kanker payudara.

Diterbitkan di journal medis Carcinogenesis, penelitian tersebut ini mengamati lebih dari 4000 wanita dari New York dan juga New Jersey, Amerika Serikat, berusia antara 20-75 tahun. Sebanyak 2280 di antaranya menderita kanker payudara.

Baca juga : Pewarna Rambut Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Benarkah?

Mereka ditanya, apakah mereka menggunakan pewarna rambut permanen ya setidaknya dua kali dalam setahun atau satu tahun. Hasil temuan, seorang wanita yang berkulit putih dan yang menggunakan pewarna rambut yang warna gelap memiliki resiko kanker payudara (74 persen).

Wanita berkulit hitam yang sering menggunakan pewarna rambut yang gelap sangat beresiko terkena kanker payudara (51 persen).

Resiko Tinggi Kanker Payudara

Wanita yang secara teratur dirinya mengecat rambut dengan warna yang gelap memiliki resiko kanker payudara yang jauh lebih tinggi lagi, dikutip dari Marie Claire, Rabu (23/8/2017).

Peneliti Adana Llanos, seorang wanita cantik ahli epidemiologi di Rutgers School of Public Health, New Jersey, telah mengatakan bahwa temuan soal penggunaan atau pemakaian pewarna rambut yang gelap itu berkaitan dengan kanker payudara bukanlah suatu hal utama.

"Yang penting wanita harus lebih sadar terhadap jenis bahan kimia dalam produk yang digunakan," kata peneliti Adana.

Sementara itu, Cancer Council Australia telah mencatat, paparan pewarna rambut pada kulit seseorang diklasifikasikan kemungkinan akibat karsinogen (zat yang menyebabkan kanker) oleh International Agency On Cancer Research pada 2009.

Tetapi, penggunaan atau pemakaian pewarnaan rambut secara pribadi tidak memunculkan karsinogen.

Baca sebelumnya : Ellen Martini, 5 Tahun Berjuang Kalahkan Kanker Payudara

Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar