Info News

5 Aktivitas yang Tingkatkan Keberhasilan Terapi Kanker Payudara

pengobatan kanker payudara tanpa operasi, tanaman obat kanker payudara, kemoterapi kanker payudara stadium 2, kemoterapi kanker payudara stadium 3, pengobatan kanker payudara secara alami, makanan kanker payudara stadium 2, kanker payudara sembuh tanpa operasii, terapi kanker payudara pdf, senam untuk mencegah kanker payudara, senam kanker payudara, olahraga menyembuhkan kanker payudara, gerakan yoga untuk penderita kanker payudara, kanker sembuh dengan olahraga, berita tentang kanker payudara, kasus kanker payudara, berita seputar kanker payudara

Kanker Payudara - Saat seorang wanita terdiagnosis kanker payudara pasti rasanya akan terasa berat sekali. Tetapi, ada beberapa hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan terapi dan sembari melakukan pengobatan medis kanker payudara.

Berikut ini beberapa hal yang sudah terbukti bisa meningkatkan keberhasilan pengobatan terapi medis kanker payudara. Mulai dari tetap menjalankan aktivitas fisik sampai yoga seperti yang dikutip Time, Rabu (27/9/2017).

1. Aktivitas fisik
Meski sakit kanker payudara, bukan berarti harus berhenti melakukan berolahraga. Aktivitas fisik seperti jalan kaki itu sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita yang sedang menjalani terapi pengobatan kanker payudara seperti yang disampaikan oleh Director Program for Young Women with Breast Cancer di Dana-Farber Cancer Institute, Ann Partridge.

"Ini bukan berarti melakukan marathon atau bikram yoga. Cukup berjalan kaki tiga sampai lima kali seminggu bisa membuat perubahan besar dalam stamina dan perasaan saat seseorang menjalani pengobatan," kata Partridge.

2. Makan sehat
Orang yang mengkonsumsi buah dan juga sayuran terbukti memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara. Studi telah menunjukkan, orang yang mengkonsumsi buah dan sayuran, resiko terkena kanker payudara menurun hingga 15 persen.

Baca juga : 4 Tanda Kanker Payudara yang Jarang Dibicarakan

Mengkonsumsi makanan sehat juga sangat membantu pengobatan kanker payudara seperti yang disampaikan oleh Partridge. "Bukan berarti Anda minum jus atau mengonsumsi makanan organik. Yang penting jangan berlebihan mengonsumsi karbohidrat dan makanan-makanan tinggi gula lainnya," katanya.

Yoga dan Meditasi

3. Yoga
Sekitar 80% pasien kanker di negara Amerika Utara menggunakan terapi gabungan dalam sebuah pengobatan. Salah satunya yaitu dengan yoga. Sebuah studi sudah membuktikan rutin melakukan senam yoga bisa membantu efek samping pengobatan kanker.

Studi lainnya juga yang dilakukan oleh peneliti Ohio State Universeity yang melakukan studi terhadap 200 penyintas kanker payudara. Mereka diminta untuk berlatih senam yoga secara rutin. Hasilnya mereka pun jadi tidak mudah lelah dan peradangan pada tubuh mereka juga lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukan yoga.

4. Meditasi
Saat seseorang sedang menjalani terapi pengobatan kanker payudara, emosi terkadang tidak stabil. Itu sebabnya penting sekali untuk menjalankan meditasi."Selain merawat fisik, penting juga menjaga pikiran," kata Partridge.

Hasil studi di tahun 2014 telah menunjukkan bahwa meditasi efektif untuk mengatasi gangguan suasana hati saat wanita baru didiagnosis penyakit kanker payudara.

5. Waktu pengobatan
Sebuah studi di tahun 2014 juga mengungkapkan, pengobatan kanker termasuk juga kanker payudara ini mungkin lebih efektif di malam hari. Pada malam hari, ada proses-proses tertentu di tubuh sehingga lebih efektif untuk mendapatkan pengobatan. Tetapi, studi yang dilakukan peneliti dari Weizmann Institute of Science Israel ini masih tahap awal pada tikus.

Baca sebelumnya : 6 Kisah Selebritis Hollywood yang Selamat dari Kanker Payudara

Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar