Info News

Waspada, Pria juga Beresiko Kena Kanker Payudara?

Waspada, Pria juga Beresiko Kena Kanker Payudara?, Waspada! Pria Bisa Terkena Kanker Payudara,

Ternyata, Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara - Penyakit kanker saat ini telah menjadi salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Dan salah satunya adalah jenis kanker payudara. Penyakit kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang jumlah kasusnya paling tinggi di Indonesia.

Data yang diperoleh dari Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013, kasus yang terjadi mencapai 50 per 100.000 penduduk.

Baca juga : Bikin Baper, Pria ini Pakai Rambut Palsu demi Sang Kekasih

Oleh sebab itulah penyakit kanker payudara sampai sekarang masih menjadi jenis penyakit kanker nomor satu yang dialami oleh kaum wanita di Indonesia. Kanker payudara sendiri juga termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak terhadap kaum wanita di Indonesia, dengan angka kematian mencapai 21,5 per 100.000 penduduk.

Penyakit kanker jenis yang satu ini umumnya sering terjadi pada kaum wanita, tetapi ternyata penyakit kanker payudara juga berpotensi dialami oleh kaum pria. Meskipun diketahui kaum pria tidak memiliki payudara yang serupa dengan kaum wanita, namun kaum pria tetap mempunyai jaringan payudara dalam jumlah kecil.

Bagian dada pria dewasa sendiri bisa terlihat serupa dengan bagian dada kaum wanita yang belum mengalami pubertas. Ketika mengalami masa pubertas, wujud dari bagian dada seorang wanita tentu langsung berbeda jauh dengan laki-laki atau pria. oleh sebab itulah pria juga perlu waspada dengan jenis penyakit kanker yang satu ini walaupun jarang terjadi pada pria.

Seperti yang dikutip dari Klik Dokter, diagnosis kanker payudara pada kaum pria lebih sering terlambat dibandingkan pada kaum wanita. Selain karena jaringan payudara pada kaum pria yang sedikit, kondisi ini kemungkinan juga terjadi karena kurangnya kepekaan seorang pria terhadap kanker payudara, yang kembali lagi karena kanker payudara itu selalu identik dengan kaum wanita.

Gejala pada Pria

Berikut dibawah ini gejala-gejala kanker payudara yang bisa terjadi kepada kaum pria :

  • Timbul benjolan yang umumnya terasa nyeri
  • Cekungan atau kerutan pada kulit payudara
  • Kemerahan pada puting atau kulit payudara
  • Puting yang tertarik ke arah dalam (retraksi)
  • Keluar cairan dari dalam puting


Diagnosis penyakit kanker payudara pada kaum pria biasanya terjadi saat seorang pria mengalami keluhan dengan merasakan ada suatu benjolan di dadanya. Tetapi kecenderungan, kaum pria selalu terlambat datang berkonsultasi ke dokter sebelum mengalami gejala yang parah, misalnya seperti keluar darah dari dalam puting.

Resiko terjadinya penyakit kanker payudara pada kaum pria meningkat seiring bertambahnya usia mereka. Kebanyakan kasus dari kanker payudara yang dialami oleh pria rata-rata berusia di antara 60-70 tahun. Sedangkan kejadian kanker payudara pada kaum pria berusia di bawah 35 tahun masih jarang terjadi.

Pemicu Kanker Payudara

Adapun beberapa hal-hal yang bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara pada seorang laki-laki atau pria adalah :

  • Riwayat terpapar radiasi pada bagian dada
  • Pembesaran pada payudara (ginekomastia) akibat terapi hormon atau penyakit infeksi
  • Mengalami penyakit hati, seperti sirosis
  • Peradangan atau cedera pada testis
  • Riwayat kanker payudara pada kerabat dekat wanita
  • Mengalami kelainan bawaan, misalnya seperti sindrom Klinefelter atau tidak menurunnya testis kedalam buah zakar

Cara menegakkan diagnosis penyakit kanker payudara pada pria dan wanita itu sebenarnya serupa, seperti dengan pemeriksaan fisik, pemeriksaan mamografi, dan juga biopsi jaringan payudara. Tetapi kembali lagi, kurangnya kepekaan masyarakat umum terhadap fakta bahwa kanker payudara juga bisa dialami oleh laki-laki atau pria, masih menjadi hambatan.

Oleh karena itulah, para kaum pria seharusnya lebih memikirkan kesehatan dirinya khususnya di area dada atau payudaranya, khususnya bagi kaum pria yang memiliki faktor resiko kanker payudara. Jika menemukan adanya sebuah gejala kanker pada pria, yaitu berupa benjolan ataupun kelainan lain pada area dada, tidak perlu ragu untuk segera melakukan suatu pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Keterlambatan diagnosis pada kanker payudara sendiri justru akan menurunkan keberhasilan terapinya.

Baca artikel sebelumnya : Target Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks Sasar 37 Juta Jiwa

Demikian informasi kesehatan tentang Ternyata, Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara. Semoga bermanfaat dan buat kaum pria, harus lebih rutin memeriksakan diri ke dokter, ya setidaknya berkonsultasi sebentar agar bisa mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Terima kasih banyak...

Sumber : citizen6.liputan6.com

Tidak ada komentar