Info News

Rajin Makan Ini, Kemungkinan Kena Kanker Payudara Sirna

Rajin Makan Ini, Kemungkinan Kena Kanker Payudara Sirna, Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda, Bahaya Kanker Payudara

Berita Seputar Kanker Payudara - Kanker payudara masih tetap menjadi momok bagi kaum perempuan di Indonesia. Jika ingin menurunkan resiko kena kanker payudara, ada cara yang sangat sederhana yang bisa anda lakukan di rumah, yaitu rajin-rajinlah mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

"Penelitian mengungkapkan seorang wanita yang makan buah-buahan dan sayur-sayuran empat kali sehari berkurang kemungkinan kena kanker payudara hingga 30 persen," kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Aru Wicaksono Sudoyo.

Baca juga : Kanker Payudara Renggut Nyawa Pengantin yang Baru 18 Jam Nikah

Aru menyarankan pada saat anda makan selalu menyertakan buah-buahan dan juga sayur-sayuran, termasuk saar anda sarapan. "Sarapan kan dengan bubur ayam, emang ada buah dan sayur? Jadi tolong ada buah dan sayur saat makan."

Tidak cuma memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran saja, pastikan juga anda mengkonsumsi menu makanan yang sehat lainnya dengan gizi seimbang. Pastikan tidak memakan makanan secara berlebihan.

"Makan berlebihan membuat jadi lemak, lemak mengurangi fungsi insulin, hal ini bisa mempengaruhi pertumbuhan sel kanker. Yang tadinya kanker baru mau tumbuh eh jadi (karena makan berlebihan)," kata Aru di sela-sela The Economist's War on Cancer South East Asia di Jakarta, ditulis Rabu (21/3/2018).

Selain menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, Aru juga mengingatkan rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal.

"Tiga komponen itu amat sangat berpengaruh menurunkan kanker, termasuk juga kanker payudara".

Jangan Lupa Deteksi Dini Kanker
Selain menjalankan gaya dan pola hidup yang sehat, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah rutin mendeteksi dini. Semakin dini kanker ditemukan, maka kesempatan untuk bisa sembuh pun meningkat.

"Kanker ditemukan dalam stadium dini dapat disembuhkan, jadi penting sekali pap smear, IVA (Inspeksi Visual Asetat), pemeriksaan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Itu akan menentukan, kalau pun ada tumor atau kanker, ditemukan di stadium amat dini," pesannya.

Baca artikel sebelumnya : Perjuangan Mengharukan 2 Bocah Rawat Ibunya Pasien Kanker Payudara

Nah, itulah info Berita Seputar Kanker Payudara yang mungkin bermanfaat bagi anda dan sarannya, mulai dari sekarang rutinlah mendeteksi dini agar mencegah kanker tumbuh lebih jauh lagi. Terima kasih banyak...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar