Info News

Payudara Kecil Mudahkan dalam Deteksi Dini Kanker?

Payudara Kecil Mudahkan dalam Deteksi Dini Kanker, Payudara Kecil Lebih Sensitif Terhadap Sentuhan, Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Sebelum Terlambat

Deteksi Dini Kanker - Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN), Profesor, Dr. Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad (K), Onk.Rad, mengungkapkan tentang adanya program SADARI, sebagai program kampanye terkait pendeteksian kanker payudara, sangat efektif sekali untuk dilakukan di negara Indonesia.

Hal ini lantaran kaum wanita di Indonesia mempunyai payudara yang lebih kecil dibandingkan dengan kaum wanita di luar negeri yang umumnya ukuran payudara mereka lebih besar.

Baca juga : Target Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks Sasar 37 Jura Jiwa

"Kalau pada wanita Indonesia, benjolan di payudara itu bisa teraba. Tapi kalau wanita Eropa harus dua cm di atas payudara baru bisa teraba benjolannya", ujar Dr. Soehartati saat doorstop usai membuka acara Training of Trainer dalam rangka Hari Kanker Sedunia, Senin (05-02-2018).

Wanita yang akrab disapa dengan sebutan nama Profesor Tati ini mengakui bahwa masyarakat di Indonesia masih kerapkali mengabaikan hal ini. Padahal, Prof. Dr. Tati mengatakan benjolan dua cm dibawah payudara itu menunjukkan seorang wanita mengalami kanker stadium 1.

"Ketika sudah menjadi luka yang tidak kunjung sembuh, baru deh datang ke dokter untuk diobati", jelas Dr. Soehartati mengenai tipikal penderita kanker payudara di Indonesia.

Terkena Kanker sudah Lanjut Lebih Sukar Ditangani?

Profesor Dr. Soehartati mengungkapkan bahwa program SADARI yang digabungkan oleh KEMENKES RI sudah sangat baik. Akan tetapi, ia sangat menyayangkan kaum wanita yang terlanjur menderita kanker payudara stadium tinggi.

Payudara Kecil Mudahkan dalam Deteksi Dini Kanker, Payudara Kecil Lebih Sensitif Terhadap Sentuhan, Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Sebelum Terlambat

"Semakin lanjut penanganan kanker yang dilakukan, akan semakin sukar juga penyakit tersebut untuk diobati, dan mengeluarkan biaya yang tak sedikit", kata Dr. Soehartati.

Baca artikel sebelumnya : Waspada, Pria juga Beresiko Kena Kanker Payudara?

Semoga informasi Deteksi Dini Kanker yang telah kami publikasikan di website ini bermanfaat dan mudah-mudahan buat kaum wanita di Indonesia bisa mencegah kanker payudara mereka sebelum memasuki fase yang lebih lanjut.

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar