Info News

Baru Jadi Ibu, Ini Perubahan Menstruasi yang Mungkin Terjadi

Baru Jadi Ibu, Ini Perubahan Menstruasi yang Mungkin Terjadi

Perubahan Menstruasi pada Wanita yang Jadi Ibu - Setelah anda baru menjadi seorang ibu, tentunya banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Dan salah satu perubahan tersebut adalah pola siklus menstruasi anda.

Jika sebelumnya siklus menstruasi anda sangat teratur, datang setiap 28 hari sekali pasca melahirkan, belum tentu siklusnya akan kembali normal sediakala.

Dr. Heidi Cough, spesialis dokter kandungan dan kebidanan di 'Saddleback Memorial Medical Center' di California telah mengatakan bahwa banya sekali kaum wanita yang tidak menstruasi sama sekali saat menyusui. Akan tetapi hal ini bukanlah sesuatu yang pasti dan sama bagi semua wanita.

Baca juga : Pekerja Perempuan Punya Hak Cuti Menstruasi? Ini Syaratnya

Ada pula wanita yang siklus menstruasinya kembali datang hanya empat minggu setelah ia melahirkan, dan bahkan meskipun mereka sedang dalam masa menyusui.

Sedangkan Dr. Stephanie Wyckoff spesialis dokter kandungan dan kebidanan di 'Orange Coast Memorial Medical Center' di California mengatakan bahwa jika seorang wanita tidak menyusui, maka siklus menstruasinya biasanya akan kembal dalam enam hingga delapan minggu setelah melahirkan.

Dr. Hedidi Cough juga menambahkan, secara umum biasanya akan dibutuhkan waktu selama satu tahun untuk siklus menstruasi seorang wanita kembali seperti pola sebelum kehamilannya.

Kabar baiknya. Banyak sekali kaum wanita yang mengatakan kram menstruasi mereka jauh berkurang jika dibandingkan dengan sebelum mereka menjadi seorang ibu, ujar Wyckoff.

Tetap Periksakan ke Dokter

Baru Jadi Ibu, Ini Perubahan Menstruasi yang Mungkin Terjadi

Sama seperti semua hal lainnya, apabila anda menyadari adanya perubahan yang signifikan pada siklus menstruasi anda, maka sebaiknya segera anda temui dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Menurut Dr. Hedidi Cough, jika pendarahan siklus menstruasi seorang wanita cukup deras hingga memenuhi pembalut setiap satu jam selama dua jam berturut-turut maka ia harus segera menghubungi dokter kandungan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika pendarahan terlalu deras ataupun tidak dan disertai dengan gumpalan darah yang terjadi dalam enam minggu pertama pascamelahirkan, maka hal tersebut bisa jadi pendarahan postpartum yang tertunda, ujar Wyckoff.

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh penumpukan dari bagian plasenta, tetapi bisa juga mengindikasikan adanya sebuah infeksi yang tertunda di rahim wanita. Dilansir dari She Knows, Jum'at 22/12/2017.

Baca artikel sebelumnya : Cegah Darah Menstruasi Beraroma tak Sedap, Ikuti Saran Ini

Itulah informasi penting terkait dengan Perubahan Menstruasi pada Wanita yang Jadi Ibu yang wajib diketahui oleh wanita yang baru saja menjadi seorangg ibu. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar