Info News

5 Makanan agar Lebih Nyaman saat Menstruasi

5 Makanan agar Lebih Nyaman saat Menstruasi, 5 Makanan Sehat untuk Atasi Nyeri Haid, Makanan yang Jadi 'Sahabat' Perempuan Saat Datang Bulan, 5 Makanan Super yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi untuk

Menu Makanan Nyaman saat Menstruasi - Menstruasi terkadang menimbulkan berbagai macam rasa tidak nyaman pada seorang wanita. Mulai dari rasa kram, pegal-pegal dan bahkan tidak jarang pula wanita merasa jauh lebih lelah dari biasanya saat menstruasi datang.

Untungnya sindrom menstruasi atau pra-menstruasi ini dapat diatasi atau dikurangi dengan beberapa jenis menu makanan sehat. Apa sajakah menu makanan-makanan tersebut? Berikut dibawah ini beberapa daftar menu makanan sehat untuk menstruasi.

Baca juga : Ini Yang Terjadi pada Ibu Menyusui saat Lagi Menstruasi

Dedaunan hijau
Menurut Dr. Christine O'Connor yang berasal dari  The Gynecology Center, dedaunan hijau itu bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh Anda dalam berbagai cara. Mereka tidak hanya kaya akan zat besi dan juga berbagai vitamin B, kandungan seratnya yang cukup tinggi juga bisa membantu masalah pada sistem pencernaan yang seringkali dikaitkan dengan siklus menstruasi wanita.

Kacang-kacangan
Daripada anda mengambil sekantung makanan yang manis untuk mengisi waktu ngemil, alangkah baiknya anda mengambil sekantung makanan kacang-kacangan untuk waktu cemilan anda saat menstruasi tiba.

“Makanan yang akan akan kandungan lemaak baik atau omega-3 (seperti kacang-kacangan) bisa sangat membantu dan lebih mengenyangkan daripada junk food,” ujar Dr. Connor

Buah segar
Makanan lainnya yang bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah sistem pencernaan terkait menstruasi yaitu dengan menu makanan buah segar. Sediakanlah buah-buahan yang segar kesukaan Anda sebelum siklus menstruasi anda mulai untuk memastikan kesehatan sistem pencernaan.

Gandum utuh
Sama juga seperti buah, kandungan serat didalam gandum utuh bisa membantu siklus menstruasi wanita menjadi lebih rutin. Gandum utuh juga mengandung karbohidrat kompleks, yang dapat memberikan vitamin penting dan juga mineral.

Daging merah
Sangatlah penting sekali untuk meningkatkan asupan zat besi ketika seorang wanita sedang menstruasi untuk menggantikan yang hilang.

“Pola makan yang tinggi akan zat besi bisa membantu menghindari anemia dan gejala yang datang bersama dengan kondisi tersebut,” ujar Dr. Sharon R. Thompson, dari Central Phoenix Obstetrics and Gynecology. "Wanita yang mengkonsumsi daging merah bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup dari makanannya.”

Tetapi, jika Anda bukan pemakan daging, Dr. Thompson merekomendasikan anda menggunakan suplemen tambahan untuk menjaga kebutuhan zat besi bagi tubuh.

Baca artikel sebelumnya : Canggih, Celana Dalam ini Langsung Serap Cairan Menstruasi

Itulah Menu Makanan Nyaman saat Menstruasi yang bisa anda jadikan sebagai referensi ke depan khususnya kaum wanita yang mengalami menstruasi datang. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar