Info News

5 Kecemasan Soal Menstruasi yang Ternyata Sangat Normal

5 Kecemasan Soal Menstruasi yang Ternyata Sangat Normal, Siapa Sangka, 5 Kecemasan Soal Menstruasi Ini yang Ternyata, 8 Pertanyaan Seputar Menstruasi

Berita Seputar Menstruasi - Wanita kerapkali cemas soal siklus menstruasi yang mereka alami tiap bulannya. Apalagi siklus menstruasi yang seharusnya datang setiap bulan tapi terkadang tidak kunjung muncul.

Menurut Dr. Stacy yang berbasis di FLORIDA, Amerika Serikat, siklus menstruasi itu tidak selalu bisa ditebak. Anda mungkin merasa ada gangguan yang terjadi di rahim. Meskipun begitu, anda sebaiknya tidak mempunyai alasan untuk cemas.

Baca juga : Cek Pengaruh Polusi Udara terhadap Siklus Menstruasi

Ada beberapa kecemasan tentang menstruasi yang ternyata itu sangat normal, sebagaimana yang dilansir dari HealthTap, Selasa, 12-12-2017.

Siklus Menstruasi yang Berbeda

Kebanyakan kaum wanita berharap mendapatkan siklus menstruasi tiap bulan. Faktanya, siklus haid atau menstruasi bisa berubah dan bervariasi tiap kaum wanita. Siklus menstruasi 28 hari, seorang wanita bisa menstruasi selama 13 kali per tahun.

Tetapi ada juga seorang wanita yang hanya menstruasi 10 atau 11 kali sepanjang tahun dengan siklus menstruasi 35 hari.

Tidak Menstruasi pada Bulan Tertentu

Kehamilan bukanlah satu-satunya alasan anda melewatkan siklus menstruasi. Stress, perubahan berat badan dan juga olahraga bisa menjadi faktor penyebabnya. Beberapa kaum wanita mengalami siklus anovulasi dari waktu ke waktu.

Artinya, ovarium tidak mengeluarkan telur, yang mana menyebabkan perubahan hormon dan juga pola menstruasi yang terganggu. Jika anda tidak mengalami siklus menstruasi, tetapi aktif secara seksual juga tidak menggunakan alat kontrasepsi. Sebaiknya anda lakukan tes kehamilan.

Menyoal Darah Menstruasi

Selama siklus menstruasi, anda akan memperhatikan darah yang keluar dari miss V. Darah siklus menstruasi bisa lebih sedikit dan bahkan bisa juga lebih banyak serta kental. Periode massa menstruasi selesai juga ada yang lebih lama atau bahkan lebih singkat dari biasanya.

Darah dan periode siklus menstruasi bisa bervariasi karena perubahan hormonal dari bulan ke bulan. Perbedaan ketebalan rahim juga bisa menyebabkan pola pendarahan yang bervariasi.

Gumpalan, Lendir, dan Darah Kecokelatan

Pada periode menstruasi yang normal, darah dirancang untuk menggumpal saat tidak berada didalam pembuluh darah. Darah haid pada pembalut juga bisa berubah warna jika tidak lekas dikeluarkan.

Kemungkinan besarnya anda akan melihat darah berwarna merah atau juga warna cokelat gelap di awal ataupun akhir periode menstruasi. Lendir dan keputihan disertai dengan darah selama menstruasi juga sering terjadi dan normal.

Periksa ke Dokter

Adanya permasalahan menstruasi bisa menjadi sinyal ketidakseimbangan hormonal atau masalah lainnya. Sebaiknya anda konsultasilah ke dokter jika tidak menstruasi selama beberapa bulan berturut-turut.

Anda juga harus pergi ke dokter jika pendarahan terlampau banyak. Pemeriksaan dokter bisa mengetahui lebih lanjut, permasalahan menstruasi yang anda alami dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang dialami.

Baca artikel sebelumnya : Tetap Aktif dan Bebas Mager meski Sedang Haid? Ini Rahasianya

Itulah informasi tentang Berita Seputar Menstruasi yang dapat anda simak sebagai pelajaran penting khususnya bagi kaum wanita di Indonesia dan sekitarnya. Terima kasih banyak atas kunjungannya...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar