Info News

Waspadai 4 Gejala Menstruasi tidak Teratur

Waspadai 4 Gejala Menstruasi tidak Teratur

Waspada, Ini 4 Gejala Menstruasi Tidak Teratur - Menstruasi, atau juga datang bulan, menjadi salah satu indikator ataupun ciri wanita dewasa berada dalam kondisi sehat. Proses meluruhnya sel telur dan juga darah kotor tersebut terjadi setiap bulan sekali dari masa puber sampai memasuki masa menopause. Penting bagi wanita untuk bisa menghitung periode yang berlangsung.

Dilansir step to health, Senin (22/1/2018), siklus menstruasi wanita yang wajar berlangsung selama 28 hingga 32 hari, dan ketika masa periode berlangsung selama tiga hingga tujuh hari. Apabila siklus menstruasi tersebut melebihi waktu tersebut, sebaiknya Anda perlu untuk mewaspadainya. Pasalnya, ketidakteraturan dalam siklus menstruasi wanita membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan reproduksi seorang Wanita.

Baca juga : Lihat Tanda Kesehatan dari 5 Warna Darah Menstruasi

Oleh sebab itulah, berikut ini adalah 4 tanda-tanda yang perlu Anda perhatikan dan anda waspadai terkait siklus menstruasi.

1. Organ berbau amis
Ketika vagina (miss V) sudah mulai mengeluarkan bau yang tak sedap, sebaiknya Anda harus segera konsultasi dengan ginekolog. Pasalnya, bau tak sedap tersebut mengindikasikan reproduksi bakteri, yang terkait dengan infeksi. Jika tak segera ditangani, infeksi bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, sehingga bisa mempengaruhi proses penyembuhan luka-luka pula.

2. Siklus menstruasi lebih cepat atau lambat
Wanita yang normal akan mengalami siklus menstruasi pada jangka waktu 28 hingga 32 hari. Untuk seorang wanita dewasa, siklus menstruasi yang terjadi hanya dalam jangka waktu 24 hari berarti terlalu cepat, sedangkan untuk seorang wanita remaja berada di angka 21 hari. Apabila seorang wanita dewasa mengalami siklus menstruasi dalam jangka waktu 35 hari, berarti siklus tersebut berjalan begitu lambat, sedangkan untuk wanita remaja berada dalam jangka waktu 45 hari atau lebih. Oleh sebab itulah, anda mulailah untuk menghitung siklus atau periode menstruasi Anda sendiri.

Waspadai 4 Gejala Menstruasi tidak Teratur

3. Periode tidak beraturan dalam jangka waktu yang lama
Ketika berada pada masa periode menstruasi, waktu normal yang akan terjadi ialah selama tiga hingga lima hari saja. Dalam beberapa kasus, waktu tujuh hari itu masih terhitung normal. Namun, jika sudah melewati batas waktu tersebut, segeralah anda berkonsultasi dengan dokter. Mungkin, kondisi fisik tubuh menjadi penyebab periode yang tidak teratur tersebut.

4. Periode yang berat
Sulit sekali untuk mengartikan pernyataan tersebut. Pada intinya, Anda perlu memperhatikan aliran darah yang keluar dari dalam tubuh. Selama masa periode menstruasi, waktu normal untuk pergantian pembalut adalah tiga hingga empat kali sehari. Tapi, jika ternyata waktu penggantian pada pembalut lebih sering, segeralah konsultasikan ke dokter pribadi Anda.

Baca artikel sebelumnya : Menstruasi bisa Lebih Memburuk saat Musim Dingin Tiba

Itulah informasi dari Waspada, Ini 4 Gejala Menstruasi Tidak Teratur tersebut, mudah-mudahan bermanfaat dan untuk wanita-wanita Indonesia, simak informasi terkait tanda-tanda gejala siklus menstruasi kalian. Terima kasih banyak...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar