Info News

Menstruasi bikin Emosi Naik Turun? Intip 3 Taktik Cara Mengatasinya

Menstruasi Bikin Emosi Naik Turun? Intip 3 Taktik Mengatasinya, Emosi Naik Turun Bak Roller Coaster Saat Menstruasi, Mood Swing Saat Menstruasi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berita Seputar Menstruasi - Perubahan suasana hati serta ditambah dengan perut kram saat menstruasi datang kerapkali membuat kaum wanita kehilangan kontrol emosi. Tetapi, ada beberapa taktik yang bisa dilakukan supaya tetap tenang saat menstruasi.

Paling tidak ada tiga hal yang bisa diusahakan supaya bisa tenang saat menstruasi datang mengutip Health Site, Jumat (2/2/2018).

Baca juga : Kerap Menunda Bangun Tidur? Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Wanita

1. Manjakan diri sendiri
Tak usah sampai bermewah-mewahan di spa. Anda bisa juga sambil mendengarkan alunan musik sembari menghirup aroma lavender atau yang bersifat menenangkan lainnya.

Bisa juga mendengarkan alunan musik sambil meneguk secangkir teh chamomile. Teh yang satu ini dikenal bisa membantu pikiran seseorang menjadi santai. Di dalam teh chamomile tersebut ada kandungan asam amino yang berperan sebagai penenang kala menstruasi datang pada seorang wanita.

Latihan Pernapasan

Menstruasi Bikin Emosi Naik Turun? Intip 3 Taktik Mengatasinya, Emosi Naik Turun Bak Roller Coaster Saat Menstruasi, Mood Swing Saat Menstruasi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Penuhi keinginan makan manis
Saat perut anda kram dan emosi labil sebagian kaum wanita mendambakan makanan manis. Tetapi, sebaiknya jangan berlebihan ya jika anda makan permen atau es krim.

"Memang pada saat terjadi perubahan hormon seperti saat menstruasi, keinginan mengkonsumsi makanan manis meningkat. Namun jika berlebihan tidak baik. Lebih baik pilih yang memiliki manis alami seperti buah atau kurma," kata ahli nutrisi asal India, Neha Chandna.

3. Latihan pernapasan
Studi telah menunjukkan bahwa latihan bernapas dalam-dalam serta meditasi dapat membantu seseorang lebih bisa mengontrol emosinya.

Caranya sangat mudah, pilih duduk ditempat yang tenang. Kemudian, tutup mata anda dan cobalah untuk bernapas. Tahan napas anda dan hitung sampai lima dan lepaskan perlahan-lahan. Paling tidak lakukanlah hal seperti ini lima menit saja untuk membantu Anda agar lebih rileks lagi seperti yang disampaikan pakar yoga asal India, Amulya.

"Tindakan menarik dan menghembuskan napas yang panjang bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dalam tubuh. Sistem inilah yang membantu manusia ke 'mode istirahat'," kata Amulya.

Baca artikel sebelumnya : Kenapa Menstruasi bisa Tidak Teratur?

Nah, itulah pembahasan tentang Berita Seputar Menstruasi tersebut, mudah-mudahan bermanfaat bagi pengunjung setia disini dan bisa dipelajari serta dipahami apa yang sekiranya penting menurut anda. Terima kasih banyak...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar