Info News

Ini Durasi Ideal Menonton TV untuk Cegah Obesitas pada Anak

Ini Durasi Ideal Menonton TV untuk Cegah Obesitas pada Anak, Anak Menonton TV Harusnya Berapa Lama Dalam Sehari?, Durasi Nonton TV Terlalu Lama Tak Baik Bagi Kesehatan ANak

Berita Tentang Obesitas - Fakta bahwa teknologi canggihyang  sekarang ini sudah menguasai hidup kita tak bisa dihindari. Baik orang dewasa maupun juga anak-anak, semua pasti pernah menonton televisi (TV) dan duduk didepan layar komputer untuk waktu yang cukup lama.

Sebuah studi terbaru telah mengungkapkan bahwa anak-anak yang menonton televisi dalam jangka waktu yang lama setiap harinya, cenderung akan 'menggiring' mereka kepada obesitas.

Baca juga : Apa Bedanya Gemuk dan Obesitas?

Sekelompok spesialis kesehatan anak-anak telah menemukan sebuah 'keterkaitan kuat' di antara tingkat obesitas pada anak-anak dengan paparan cahaya televisi ataupun layar komputer.

Peneliti telah menemukan bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan oleh si balita untuk menonton Televisi adalah sekitar satu jam. Saat mereka sudah menginjak usia sembilan tahun, mereka pun akan menonton televisi selama tujuh jam per harinya. Setelah itu, mereka akan menghabiskan sisa waktunya dengan media digital.

"Para orang tua harus membatasi waktu untuk menonton TV dan penggunaan pada komputer, serta teknologi sejenisnya. (Yaitu) tidak lebih dari 1,5 jam per hari bagi anak-anak yang berusia empat tahun ke atas," saran pengarang Dr. Adamos Hadjipanayis.

"Terlebih lagi, dokter anak harus menginformasikan kepada orang tua tentang resiko dari penggunaan media massa terhadap perkembangan kognitif dan fisik anak-anak mereka," lanjut Hadjipanayis.

Para peneliti telah mengatakan bahwa penelitian tersebut telah ikut berkontribusi dalam hal mengurangi obesitas pada anak-anak di Eropa, dimana sudah dianggap sangat lazim selama 25 tahun terakhir ini.

Mereka juga telah menemukan bagaimana cara menggunakan media tersebut di malam hari bisa menjadi sumber masalah bagi jam tidur anak muda. Di mana hal tersebut bisa membawa risiko obesitas yang lebih tinggi terhadap mereka.

Sementara orang tua melarang Televisi untuk dipasang dikamar anak-anak, sang ahli juga telah menyarankan kepada orang tua bahwa untuk memberikan contoh baik kepada anak-anaknya. Dengan cara yang sama, yakni dengan cara mengurangi paparan dengan layar di depan anak-anak mereka.

Baca artikel sebelumnya : Kontes Miss Universe ini Pernah Di-Bully karena Obesitas

Itulah informasi Berita Tentang Obesitas tersebut. Buat anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, jagalah anak anda agar tidak terjadi obesitas. Terima kasih banyak kunjungan anda disini...

Sumber : global.liputan6.com

Tidak ada komentar