Info News

Cek Pengaruh Polusi Udara terhadap Siklus Menstruasi

Cek Pengaruh Polusi Udara terhadap Siklus Menstruasi, Studi: Polusi Udara Bisa Bikin Siklus Mensturasi Tak Lancar6 Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi

Berita Seputar Menstruasi - Polusi udara ternyata bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Anak perempuan yang menghirup polusi udara saat siklus menstruasi (haid) pertama datang akan cenderung memiliki siklus yang tidak teratur.

Para ilmuwan telah menemukan adanya hubungan, meskipun bukan penyebab secara langsung, antara terpapar polusi udara dan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur bagi kaum wanita muda. Penelitian tersebut diterbitkan di jurnal Human Reproduction.

Baca juga : Kerap Menunda Bangun Tidur? Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Wanita

Ketika kaum perempuan terpapar polusi udara dengan tingkat tinggi di sekolah menengah atas, kemungkinan haid tidak teratur sedikit meningkat.

"Paparan temporal terhadap polusi udara di masa remaja dan awal masa dewasa mungkin sangat penting," tulis dari para peneliti seperti yang dilansir Medicaldaily, Minggu (28/1/2018). "Data-data dari penelitian ini sesuai dengan literatur yang ada mengenai polusi udara dan juga penyakit saluran reproduksi."

Polusi Udara Pengaruhi Hormon

Studi menjelaskan bahwa penelitian yang sebelumnya telah menemukan bahwa polusi udara yang mempengaruhi aktivitas hormonal dan peran hormon dalam mengatur periode menstruasi.

Cek Pengaruh Polusi Udara terhadap Siklus Menstruasi, Studi: Polusi Udara Bisa Bikin Siklus Mensturasi Tak Lancar6 Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi

Penelitian yang sebelumnya juga telah menemukan kaitan antara polusi udara dan juga ketidaksuburan serta masalah-masalah lainnya pada sistem reproduksi seorang wanita, seperti kondisi hormonal sindrom ovarium polikistik.

Penelitian yang terbaru ini didasarkan pada data-data hampir 35.000 kaum wanita, termasuk juga jumlah rata-rata partikulat di daerah selama tahun-tahun sekolah menengah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan dari haid pertama hingga sebelum siklus menstruasi mereka menjadi teratur.

Baca artikel sebelumnya : Menstruasi bikin Emosi Naik Turun? Intip 3 Taktik Cara Mengatasinya

Nah, seperti itulah pembahasan hari ini tentang Berita Seputar Menstruasi yang bisa anda simak dengan baik ulasannya. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan tubuh. Terima kasih banyak...

Sumber : health.liputan6.com

Tidak ada komentar