Info News

3 Efek Samping Diet OCD yang Penting untuk Diketahui

3 Efek Samping Diet OCD Penting Diketahui, 11 Bahaya Diet OCD Menurut Dokter Wajib Untuk Diketahui, 8 Manfaat Diet OCD Bagi Wanita dan Juga Tubuh Yang Perlu

3 Efek Samping Diet OCD Penting Diketahui - Berbeda dengan kebanyakan artis Indonesia lainnya yang hanya mengikuti program atau metode diet yang sedang booming untuk membantu melangsingkan tubuh. Pesulap dan sekaligus presenter Deddy Corbuzier justru lebih memilih menciptakan sendiri metode diet yang sangat efektifnya. Cara Diet Yang Baik itu ia beri nama Obsessive Corbuzier Diet atau juga yang sering disingkat dengan Diet OCD. Cara Melakukan Diet OCD ini sudah pernah kami bahas dalam artikel sebelumnya dan bisa anda baca.

Makanan Diet OCD sendiri tidak terlalu sulit untuk didapatkan karena masih tetap menggunakan menu makanan yang biasa dikonsumsi seseorang sehari-hari. Tetapi ada beberapa Pantangan Diet OCD dan juga cara atau pola makan yang berbeda dengan saat tidak melakukan program diet. Manfaat Diet OCD yang dilakukan dengan benar tak hanya bisa melangsingkan tubuh saja tapi juga mampu menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi risiko beberapa penyakit berbahaya.

Baca juga : 5 Diet Penurun Berat Badan yang Paling Berbahaya

Jika anda memang tertarik dengan jenis diet sehat yang satu ini, anda boleh mengikuti  beberapa Tips Diet OCD ini dan bahkan juga anda boleh mengkonsumsi Menu Diet OCD yang tepat supaya hasilnya terasa secara maksimal. Tetapi dibalik banyaknya manfaat-manfaat yang bisa anda dapatkan, program diet OCD ini juga memiliki beberapa bahaya-bahaya dan efek samping juga. Bahaya Diet OCD dan juga efek samping diet OCD ini akan kami bahas dalam artikel kali ini.

Efek Samping yang Dapat Terjadi Saat Anda Melakukan Diet OCD


1. Berpotensi menyebabkan pengeroposan pada tulang
Menurut salah satu dari ahli osteoporosis di Indonesia sendiri, program diet OCD yang dilakukan secara berlebihan atau tidak tepat bisa berpotensi menimbulkan pengeroposan pada tulang. Hal tersebut ini disebabkan kurangnya nutrisi kalsium yang masuk kedalam tubuh seseorang saat melakukan diet ini.

Padahal kalsium itu merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting sekali untuk segala usia. Berikut ini beberpa fungsi kalsium untuk tubuh seseorang :

  • Mencegah pengeroposan pada tulang
  • Membantu pertumbuhan tubuh (tinggi badan)
  • Membantu pembekuan darah
  • Menjaga dan memperkuat gigi
  • Membantu membakar lemak tubuh


Selain sangat baik bagi tulang, ternyata kalsium ini juga berperan untuk membantu membakar lemak pada tubuh. Kalium juga sebenarnya memiliki sifat menekan nafsu makan yang bisa mempercepat proses penurunan berat badan seseorang, beberapa menu makanan yang mengandung banyak kalium antara lain seperti susu, rumput laut, kentang, dan juga kedelai.

2. Mengurangi kemampuan metabolisme tubuh
Efek samping dari diet OCD yang dilakukan dengan salah ialah terjadinya penurunan kemampuan metabolisme pada tubuh. Hal itu bisa terjadi karena waktu puasa saat menjalani diet OCD yang mencapai 24 jam. Hal tersebut membuat tubuh mencari sumber energi sampingan lain untuk beraktivitas seperti gula dan juga lemak.

Sementara itu, cadangan gula serta lemak yang terpakai secara massif akan menghasilkan produk sampingan misalnya seperti keton yang bersifat asam. Keasaman itulah yang bisa merugikan tubuh seseorang serta menurunkan metabolisme tubuh seseorang.

3. Memberatkan kerja hati dan ginjal
Melakukan program diet OCD ini dengan  intermitten fasting atau berpuasa berkala bisa menyebabkan terjadinya peningkatan fungsi kerja terhadap beberapa organ tubuh seperti hati dan ginjal. Seseorang yang berpuasa secara berlebihan sangat memungkinkan sekali tubuhnya kekurangan makanan. Padahal kemampuan tubuh seseorang untuk mengatur kadar glukosa berdasarkan makanan-makanan yang masuk kedalam tubuh.

Jika makanan-makanan yang masuk sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali maka secara otomatis ginjal dan juga hati akan bekerja lebih ekstra dengan cara mengeluarkan glikogen dalam bentuk glukosa didalam tubuh yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Jika kadar gula dalam darah tidak seimbang, maka seseorang bisa menderita hipoglikemik yang menyebabkan tubuh gemetar, lemas, dan juga terasa dingin.

Baca artikel sebelumnya : 4 Efek Samping Diet Mayo yang Jarang Disadari

Nah, itulah 3 Efek Samping Diet OCD Penting Diketahui bagi anda yang sudah menjalani program diet tersebut. Sebaiknya ralat kembali dan baca panduan-panduan yang sudah tertera sebelumnya disini. Terima kasih banyak atas kunjungannya...

Sumber : dietsehat.co.id

Tidak ada komentar