Info News

Menu Diet Sehat, Bagian 4

Menu Diet Sehat, Bagian 4

Menu Diet Sehat, Bagian 4 - Pada artikel diet sehat yang sebelumnya, saya sudah menuliskan beberapa rahasia-rahasia cara menguruskan berat badan. Dan kali ini pun masih sama seperti sebelum-sebelumnya. Dan artikel inii merupakan lanjutan dari artikel yang sebelumnya yaitu Menu Diet Sehat, Bagian 2.

Artikel kali ini masih membahas seputar program diet dan bahaya obesitas yang kini sudah tidak lagi dipandang sebelah mata. Baiklah, lihat saja info selengkapnya dibawah ini.

4. Mengevaluasi Kemajuan (1-2 hari)

Langkah yang terakhir, setiap periode anda menjalankan program diet, evaluasilah hasil yang anda catat pada langkah pertama. Ingat, program diet itu harus terukur! pada tahapan ini anda harus menentukan mana makanan dan minuman atau olahraga yang paling cocok dengan tubuh anda.

Bentuk kelompok Dukungan
Cara diet sehat yang tepat tidak akan berhenti hanya karena anda sudah mencapai berat badan yang dinginkan, karena anda harus tetap melakukan evaluasi kemajuan supaya berat badan tersebut bisa dipertahankan. Nah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membentuk atau juga bergabung ke dalam kelompok dukungan.

Anda bisa meminta keluarga ataupun teman-teman anda untuk memberikan dukungan selama fase tersebut. Biarkan mereka memotivasi anda dan membuat anda merasa bertanggung jawab terhadap tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Anda bisa juga meminta mereka-mereka untuk ikut bergabung dalam program diet anda, karena ada banyak sekali orang-orang di luar sana yang ingin melakukan hal sama seperti ini. Bagaimanapun juga, menurunkan berat badan dengan secara bersama-sama akan terasa lebih menyenangkan.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa mereka yang terlibat didalam kelompok dukungan memiliki tingkat kesuksesan yang jauh lebih tinggi dalam proses penurunan berat badan, utamanya dalam jangka panjang.

Ukur Kembali Tubuh Anda
Cobalah untuk mengukur kembali tubuh anda dan bandingkan hasilnya dengan apa yang anda ambil pada minggu pertama program diet. Pelajari hasilnya dan jadikanlah perbedaan yang didapatkan sebagai sebuah motivasi guna mempertahankan serta melanjutkan program diet.

Pantau Berat Badan
Terus pantau berat badan anda, setelah itu anda ambil keputusan berapa lagi angka yang harus anda turunkan. Dengan demikian, anda sudah memiliki proyeksi mengenai berapa lama lagi waktu yang akan dibutuhkan untuk menyelesaikan program diet tersebut ini.

Pastikan pula anda untuk memantau perubahan ukuran tubuh sendiri. Mungkin berat badan anda sudah turun, namun anda ingin mengalihkan fokus untuk membentuk serta mengencangkan otot-otot tubuh. Nah, seperti inilah cara diet yang sehat. Memang sangat memakan waktu cukup lama, tetapi hasilnya sangatlah sepadan.

Hadiahi Diri Kamu
Salah satu cara yang menyenangkan dan sekaligus bisa membuat anda merasa termotivasi untuk berada di jalur yang benar yaitu dengan cara menghadiahi diri anda sendiri. Menikmati penghargaan kecil yang seperti ini sangatlah membantu anda untuk bisa terus maju dan terus mempertahankan berat badan ke depannya.

Anda bisa memulainya dengan menyiapkan sebuah hadiah kecil saat anda berhasil mencapai sebuah tujuan yang juga tergolong kecil.

Misalnya saja saat anda berhasil melewati minggu-minggu pertama latihan berat anda, maka hadiahi diri anda dengan beberapa pakaian olahraga yang baru.

Jika anda berhasil mencapai tujuan yang lebih besar lagi, misalnya saja anda berhasil mengurangi berat badan sebanyak 2,5 kg, maka hadiahi diri anda dengan liburan ke tempat wisata.

Tapi ingat, hindarilah untuk menghadiahi diri anda sendiri dengan makan malam yang mewah di restoran. Jenis hadiah yang seperti ini sudah sangat bertentangan dengan tujuan jangka panjang anda.

Evaluasi Kembali Tujuan Anda
Setelah 1-3 bulan berlalu, masih ada satu lagi cara diet sehat yang harus anda lakukan, yaitu dengan mengevaluasi kembali tujuan awal anda.

Pada fase ini, anda mungkin merasa sudah berhasil menurunkan beran badan dengan maksimal, dan bahkan memiliki tubuh yang jauh lebih fit dan bugar. Meskipun demikian, tetap tinjau tujuan anda supaya bisa ditemukan sebuah kepastian, apakah masih perlu untuk meneruskan program diet tersebut ini ataukah tidak?

Sekalipun anda sudah membuat kemajuan yang signifikan dalam kurun waktu satu bulan, tapi jika angka yang anda targetkan itu memang belum tercapai, maka anda wajib untuk melanjutkan program diet tersebut.

Begitupula saat angka berat badan anda mungkin sudah tercapai, tetapi anda masih ingin mempertahankan kebugaran fisik, maka anda tetap harus melanjutkan program tersebut.

Pada dasarnya, program diet yang sehat itu masih berkaitan dengan gaya hidup dan juga pilihan untuk jangka panjang, bukan sebuah program selama satu bulan saja.

Maka dari itulah, perbaiki pola diet anda mulai dari sekarang supaya anda bisa terbiasa dalam mengurangi lemak, sehingga nanti ke depannya akan terasa lebih mudah dalam melakukannya.

Semua orang mempunyai kebutuhan yang berbeda, sehingga perencanaan program diet yang sehat itu bisa sangat bervariasi, tergantung pada bentuk tubuh serta target spesifik yang dituju.

Oleh karenanya, anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum anda memulai program diet yang ambisius.

Baca artikel sebelumnya : Menu Diet Sehat, Bagian 3

Itu saja informasi kesehatan yang dapat kami berikan kali ini pada artikel Menu Diet Sehat, Bagian 4 ini. Semoga bermanfaat, terima kasih banyak...

Tidak ada komentar