Info News

Menu Diet Sehat, Bagian 1

26 Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh - DietSehat.co.id, Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga - Alodokter, Diet Dengan Pola Makan Sehat (Bagian 1) | Health&Food | beautynesia

Menu Diet Sehat, Bagian 1 - Saat ini, dunia sedang menghadapi sebuah masalah medis yang sangat global, yaitu obesitas. Ada sekitar 200 jutaan pria dan 300 jutaan wanita yang mengalami kondisi tersebut, dan bahkan besar kemungkinan anda juga termasuk di dalamnya. Berangkat dari kondisi tersebut itu, maka kini masalah obesitas tidak lagi bisa dipandang sebelah mata, masalah obesitas adalah masalah yang sangat serius.

Namun beruntungnya, masih ada jalan keluar untuk permasalahan yang satu ini, salah satunya yaitu dengan melakukan diet yang sehat. Untuk mengetahui di kategori mana anda berada, anda bisa menggunakan kalkulator diet yang sudah kami publis sebelumnya.

Baca juga : Gunakan Diet Sehat ini, Bobot 98,9 Kg Turun jadi 62 Kg

Pada dasarnya, prinsip sederhana dari program diet itu adalah dengan mengontrol asupan kalori supaya bisa lebih kecil dari jumlah kalori yang dikeluarkan. Inilah “hukum dasar” yang akan anda temui dari berbagai jenis program diet, apapun namanya.

Hanya saja, hukum untuk mengurangi jumlah kalori tersebut ini sangat sering melewatkan asupan gizi harian seseorang yang kemudian membuat tubuh mereka justru menjadi lemas, bahkan jatuh sakit. Untuk itulah, ada baiknya jika anda mulai mempertimbangkan untuk menerapkan pola diet sehat. Bukan saja hanya baik untuk proses penurunan berat badan anda, tapi bagus pula untuk kesehatan tubuh anda dalam jangka panjang.

1. Pola Dasar (1-3 hari)

Langkah yang paling pertama, yang tidak boleh kita abaikan dalam hal melakukan program diet yaitu pengukuran, semua hal yang kita lakukan harus bisa diukur.

Hitung Kebutuhan Kalori
Setiap individu mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda, tergantung dari berat badan, usia, dan juga tingkat aktivitas hariannya. Nah, dengan mengetahui jumlah dari kebutuhan kalori anda, maka anda bisa lebih mudah dalam menciptakan batasan-batasan konsumsi kalori harian anda.

Anda bisa melakukan perhitungan manual atau juga lewat kalkulator online. Tapi untuk hasil yang lebih akurat lagi, sebaiknya anda lakukanlah konsultasi dengan dokter. Lewat sejumlah tes, dokter pasti akan memberi tahu berapa jumlah kebutuhan kalori yang harus anda konsumsi supaya bisa mencapai berat badan yang diinginkan.

Apabila anda memutuskan untuk membatasi konsumsi kalori, itu hanya pada angka 1.700 per hari, maka anda wajib mengikutsertakan olahraga. Sekalipun olahraga tersebut itu hanya membakar kalori dalam jumlah yang sedikit, tapi pailng tidak anda sudah memberi sedikit kesempatan bagi tubuh anda agar bisa mengkonsumsi kalori lebih.

Meski pembatasan terhadap kalori ini lumayan merepotkan, tapi anda hanya akan melakukannya di awal program diet saja, sebab setelah itu anda akan memiliki kebiasaan makan yang terbentuk secara otomatis.

Membuat Jurnal Makanan
Cara diet sehat yang selanjutnya yaitu dengan membuat jurnal makanan. Dengan menulis segala jenis menu makanan yang anda konsumsi setiap harinya, akan membantu anda alam mempelajari seperti apa kebiasaan makan anda serta kelompok makanan apa saja yang sudah anda lewatkan. Hal ini juga sangat berlaku untuk minuman.

Jurnal makanan mempunyai peranan yang cuukup besar dalam sebuah program diet dikarenakan anda akan memiliki tanggung jawab dan sekaligus motivasi. Hal ini akan memaksa anda untuk melihat apa saja yang sudah anda konsumsi dalam sehari, kemudian menyadari bahwa ada diantaranya yang buruk bagi program diet anda.

Apabila penilaian anda terhadap jurnal tersebut terasa tidak maksimal, maka sebaiknya mintalah penilaian dari orang lain. Mintalah mereka untuk memeriksakan jurnal tersebut setiap 2-3 kali dalam seminggu guna memastikan apakah anda bisa mematuhi rencana makan tersebut atau tidak.

Dengan adanya tambahan orang lain yang bisa mengawasi, diharapkan bahwa anda bisa selalu teringat untuk tidak lalai. Selama mengisi jurnal, perhatikan juga waktu di mana anda melakukan substitusi makanan menjadi lebih baik, seperti menukar kue dengan yoghurt rendah lemak.

Perhatikan juga apa yang baik untuk program diet anda. Dengan sendirinya, anda akan menemukan pola tertentu yang dapat membantu anda untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat.

Baca artikel terkait : Menu Diet Sehat, Bagian 2

Kurangi Porsi Makanan
Sebuah cara diet sehat yang tentunya sudah tidak asing lagi. Jadi, jika selama ini anda senang menikmati makanan-makanan yang berporsi besar, maka cobalah anda untuk menggantinya dengan selada atau juga sayuran kukus. Sekalipun porsinya tetap banyak, tapi jenis makanan yang seperti ini tidak akan mempengaruhi perencanaan kalori yang sudah anda buat.

Sementara itu, saat anda memutuskan untuk makan di luar, maka hal ini akan menjadi sulit untuk dilakukan. Sekalipun anda bisa memesan kentang keju dan juga pasta dalam porsi yang besar, tapi tetaplah lakukan pembatasan.

Untuk lebih memudahkan lagi pengaturan tersebut, maka konsumsilah buah-buahan yang seukuran bola tenis saja, di mana sayur-sayuran seukuran bola bisbol. Sementara untuk karbohidrat, batasilah konsumsinya seukuran bola hoki saja.

Sebuah situs yang bernama WebMD mempunyai fasilitas untuk melakukan perhitungan porsi yang cukup bagus dalam menghitung jumlah makanan, yang terutama untuk makanan-makanan yang telah tercampur.

Makan Secara Perlahan
Pada dasarnya, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja dalam mencerna makanan sebelum otak kemudian menyadari bahwa anda sudah kenyang. Artinya, makan secara perlahan-lahan bisa membantu anda untuk terhindar dari hasrat makan yang berlebih.

Selain itu, makan secara perlahan-lahan juga akan membuat konsumsi kalori anda tidak berlebihan. Cara diet sehat yang seperti ini tidak hanya ditujukan untuk mengontrol asupan kalori saja, tetapi juga untuk membuat anda bisa lebih menghargai makanan.

Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih dalam menikmati pengalaman sensoris saat makan. Nikmati makanan anda di tiap gigitannya, sehingga anda bisa merasa lebih cepat puas.

Berpikir Positif
Diet yang sehat adalah sebuah upaya jangka panjang, sehingga hasilnya tidak akan terlihat signifikan dalam waktu beberapa hari saja. Tapi baiknya, perubahan yang anda lihat akan menjadi sebuah kebiasaan yang dijalani seumur hidup.

Saat perhitungan kalori itu membuat anda merasa terbebani, apalagi sampai dihantui jika berat badan anda meningkat, maka cobalah untuk berpikir positif.

Anda bisa menyiasati situasi seperti ini dengan cara menghadiahi diri sendiri dengan hal-hal yang bersifat, bukan makanan. Misalnya saja anda membeli barang-barang untuk hiasan rumah. Anda bisa juga mencari aktivitas baru yang diharapkan bisa membuat program diet anda menjadi lebih menyenangkan.

Baca artikel sebelumnya : Cara Diet Aman dan Sehat Turunkan Berat Badan, tanpa Membahayakan Kesehatan

Itu saja ulasan tentang Menu Diet Sehat, Bagian 1. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung dan jangan lupa share info kesehatan ini ya guys. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar