Info News

Tips Rahasia Olahraga Wanita agar Sehat dan Terawat

Tips Olahraga Bagi Wanita Agar Sehat Terawat, 7 Cara Menjaga Vagina Tetap Kencang dan Muda, Tujuh Cara Agar Miss V Selalu Bersih, Sehat dan Wangi

Tips Olahraga Bagi Wanita Agar Sehat Terawat - Olahraga memiliki manfaat yang sangat penting tidak hanya bagi kaum pria saja, tetapi kaum wanita juga. Bahkan, bagi kaum wanita yang menginginkan untuk selalu tampil cantik, segar, badan langsing, berat badan terkendali dan juga berpenampilan menarik, olahraga tentunya amat sangat diperlukan.

Parahnya lagi, banyak kaum wanita yang kurang menyadari bahwa betapa pentingnya olahraga itu. Sehingga saat berat badan tidak terkendali, pinggang membesar, lemak bermunculan, barulah program diet mati-matian dilakukan. Padahal, jauh lebih mudah menjaga bentuk tubuh, berat badan dan juga kecantikan fisik saat olahraga telah biasa dilakukan.

Baca juga : 9 Tips Olahraga yang Pas untuk Perempuan Sehat

Oleh karena itulah, ada beberapa tips-tips yang harus dilakukan supaya olahraga menjadi bagian gaya hidup yang menyenangkan untuk kaum wanita.

1. Manfaat olahraga bagi wanita
Bagi kaum wanita, tujuan berolahraga itu tidak hanya membuat tubuh sehat tetapi juga untuk menjaga penampilan fisiknya. Wanita tidak menginginkan bentuk tubuh yang berotot layaknya petinju, mereka hanya ingin mempunyai tubuh langsing dengan berat badan ideal dan kulit sehat terawat. Berikut dibawah ini beberapa manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga teratur khusus bagi kaum wanita :

  • Menghilangkan stress - Wanita adalah makhluk yang kompleks dan lebih perasa daripada kaum pria. Wanita lebih cenderung memikirkan segalanya dengan perasaan, sehingga lebih mudah mengalami stress. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk menghilangkan stres. Terutama jenis olahraga yang dilakukan secara bersama-sama.
  • Melawan osteoporosis - Laju kerusakan tulang pada kaum wanita lebih cepat dibandingkan kaum pria. Oleh karena itulah, olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan terhindar dari masalah osteoporosis dini.
  • Mengimbangi perubahan fisik - Wanita akan mengalami perubahan fisik pada setiap fase kehidupannya. Olahraga sangat berperan penting terutama saat kaum wanita mengalami kehamilan dan pasca kehamilan. Olahraga bisa membuat otot perut, pinggang dan juga punggung lebih kuat. Pasca kelahiran, olahraga bisa membuat perubahan fisik kembali normal lebih cepat.
  • Mengurangi gejala PMS - Olahraga bisa mengurangi gejala PMS yang datang setiap bulan pada kaum wanita. Olahraga bisa membantu mengurangi pegal-pegal, letih, lesu dan juga mengurangi rasa nyeri bawah perut. Selain itu juga, wanita yang rajin berolahraga akan cenderung mengalami siklus menstruasi yang lebih lancar.
  • Menjaga kecantikan - Kecantikan kaum wanita meliputi bentuk tubuh, berat badan ideal dan juga kekencangan kulit. Olahraga menjaga ketiga hal tersebut, sehingga Anda bisa memiliki bentuk tubuh yang bagus, berat badan terkontrol, sekaligus kulit kencang. Bahkan, beberapa olahraga bisa pula mengencangkan otot kewanitaan dan payudara.


2. Hindari mitos olahraga
Mitos olahraga bagi kaum wanita merupakan salah satu faktor yang membuat para wanita menjadi malas untuk melakukan olahraga. Padahal namanya mitos, pasti diragukan sekali kebenarannya dan bahkan salah secara ilmiah. Nah, berikut dibawah ini beberapa mitos tentang olahraga bagi kaum wanita yang harus dihindari :

  • Olahraga itu sakit - Olahraga pada dasarnya itu merupakan refreshing yang menyenangkan. Olahraga itu tidak akan sakit jika Anda melakukannya sesuai dengan kemampuan serta tidak memaksakan diri. Anda bukan atlet!
  • Olahraga skipping bisa menurunkan rahim wanita - Turunnya rahim disebabkan oleh adanya tumor di panggul atau juga kelainan penyokong jaringan. Jika Anda seorang wanita normal yang tidak sedang dalam keadaan hamil atau setelah melahirkan maka skipping tidak akan menurunkan rahim.
  • Olahraga bersepeda bisa mengganggu kesehatan seksual pada seseorang - Kesehatan seksual disebabkan oleh penyakit dan juga faktor psikologis lainnya. Bersepeda tidak akan mengganggu masalah kesehatan seksual ataupun mandul.
  • Olahraga bisa membuat tubuh seperti pria - Olahraga juga tidak akan membuat tubuh seorang wanita menjadi atletis layaknya kaum pria, terkecuali faktor eksternal seperti konsumsi hormon tertentu. Olahraga itu hanya akan membuat otot lebih kuat dan lebih kencang sehingga terlihat lebih segar.


3. Pilih jenis olahraga yang cocok
Banyak sekali pilihan olahraga yang sangat cocok dengan tujuan wanita berolahraga. Menentukan jenis olahraga apa yang cocok bagi Anda akan membuat Anda betah dan senang untuk melakukannya. Berikut dibawah ini beberapa bentuk olahraga yang bisa menjadi pertimbangan bagi para wanita menentukan pilihan :

  • Senam Aerobik - Senam aerobik itu merupakan senam yang melibatkan banyak sekali gerakan tubuh dari bawah sampai atas. Olahraga ini sangat cocok bagi wanita yang ingin melangsingkan tubuhnya dan membakar lemak tubuh.
  • Jogging - Jogging juga merupakan jenis olahraga yang sederhana dengan manfaat luar biasa. Rutin jogging tiap pagi bisa melangsingkan tubuh dan juga bisa membuat tubuh segar. Jogging sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.
  • Renang - Renang merupakan jenis olahraga yang cocok juga bagi Anda yang ingin membentuk tubuh yang ideal dan fleksibel. Selain itu, renang juga bisa melatih pernafasan lebih baik.
  • Bersepeda - Bersepeda dapat dilakukan dengan santai sambil menikmati pemandangan yang ada. Bersepeda dapat membuat otot kaki lebih kuat sekaligus mengecilkan paha Anda.
  • Yoga - Yoga cocok bagi Anda yang menginginkan relaksasi badan dan pikiran sambil melenturkan otot tubuh.


4. Akibat tidak berolahraga
Wanita yang jarang atau bahkan tidak pernah olahraga sama sekali akan cenderung mudah lelah dan juga sering tidak bersemangat dalam menjalani sebuah aktivitas. Energinya pun mudah habis, daya tahan tubuhnya juga lemah dan wanita yang tidak pernah berolahraga sangat berpotensi besar untuk mengalami penuaan dini dan osteoporosis. Selain itu juga, ada beberapa akibat-akibat yang muncul pada wanita yang tidak pernah melakukan olahraga :

  • Menjadi gemuk - Wanita yang jarang sekali berolahraga akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan pada dirinya. Apalagi jika makanan dan juga mood-nya tidak terkontrol. Wanita gemuk akan mudah terserang penyakit.
  • Kulit kendur - Kulit kendur bisa disebabkan oleh oksigen yang dihirup dan massa otot yang mulai melemah. Kulit yang kendur itu tentunya kurang menarik bukan?
  • Menopause dini - Olahraga itu sangat membantu memperlancar hormon didalam tubuh. Wanita yang tidak pernah mau berolahraga bisa mengalami menopouse dini karena aktivitas hormon mereka akan terhambat.
  • Mudah sakit - Dan hal inilah yang paling berbahaya dari kebiasaan-kebiasan tidak pernah olahraga. Tubuh akan mudah terserang penyakit, virus dan juga bakteri karena daya tahan tubuh melemah.


Baca artikel sebelumnya : 8 Tips Berolahraga untuk Wanita Super Sibuk

Demikianlah informasi tentang Tips Olahraga Bagi Wanita Agar Sehat Terawat yang sudah kami bahas sampai tuntas. Mudah-mudahan infonya bermanfaat dan anda bisa mencoba melakukan olahraganya di rumah dan pastikan juga jaga pola makan dan teratur. Terima kasih banyak....

Tidak ada komentar