Info News

Awas!! 7 Gejala Anda Mungkin Mengidap Penyakit Kelamin

7 Gejala Anda Mungkin Mengidap Penyakit Kelamin, 9 Penyakit Kelamin yang Mungkin Anda Miliki Tanpa Anda Sadari, 6 Gejala Penyakit Menular Seksual Pada Wanita yang Sering Diabaikan

Mengenal Gejala Anda yang Mungkin Mengidap Penyakit Kelamin - Penyakit kelamin atau juga alias penyakit menular seksual ini tidak bisa dideteksi dengan mudah oleh mata telanjang pada seseorang (atau bahkan juga diri Anda sendiri), karena sering kali jenis penyakit ini muncul tanpa Anda sadari. Oleh sebab itulah, penyakit menular seksual ini juga biasa disebut dengan infeksi menular seksual atau (IMS), karena infeksi bisa terjadi tanpa adanya indikasi tanda-tanda dan gejala yang mengawalinya.

Satu-satunya cara sederhana untuk memastikan apakah Anda telah mengidap penyakit kelamin atau tidak yaitu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium oleh dokter di rumah sakit ataupun klinik kesehatan. Tetapi, jangan berasumsi bahwa Anda akan menjalani tes penyakit menular seksual setiap kali Anda melakukan kunjungan ke ginekolog ataupun uji Pap smear.

Jika Anda berpikir bahwa Anda membutuhkan tes penyakit kelamin, maka mintalah kepada dokter pribadi Anda. Bicarakan mengenai kekhawatiran Anda serta tes spesifik apa yang ingin Anda jalani.

Mungkin saja tampak memalukan membicarakan mengenai penyakit menular seksual kepada orang lain, tetapi tidak dengan dokter Anda. Dokter Anda akan bertanggung jawab untuk perawatan Anda tanpa harus menghakimi atau mencela. Mereka adalah orang-orang yang harus Anda tuju untuk mengobati penyakit infeksi Anda. Dokter juga bisa memberikan sebuah konsultasi lanjutan mengenai cara mengurangi resiko Anda di kemudian hari untuk terjangkit penyakit menular seksual.

Gejala Penyakit Kelamin

Satu hal yang dapat Anda lakukan sebelum anda berkonsultasi dengan dokter yaitu mengetahui tanda-tanda dan gejala awal yang mungkin saja bisa dijadikan sebagai petunjuk awal dari penyakit kelamin anda. Beberapa gejala-gejala yang paling umum terjadi ialah:

1. Perubahan pada urin
Rasa sakit atau rasa panas terbakar saat buang air kecil bisa menjadi tanda atau gejala dari beberapa jenis penyakit kelamin pada manusia. Tetapi, gejala atau tanda yang sama juga bisa timbul akibat penyakit infeksi saluran kencing (ISK) atau batu ginjal.

IMS yang menyebabkan rasa sakit selama urinasi, termasuk

  • Klamidia
  • Gonore
  • Trikomoniasis


Selain itu juga, perhatikan adanya suatu perubahan warna pada urin untuk indikasi adanya darah.

2. Keluarnya cairan dari penis
Partikel atau juga zat asing yang keluar dari alat kelamin (penis) menunjukkan kemungkinan penyakit menular seksual atau infeksi lainnya. Jika Anda mengalami suatu kondisi seperti ini, maka segera kunjungi dokter anda untuk mendapat diagnosis akurat.

Penyakit yang menyebabkan keluarnya cairan asing dari alat kelamin, termasuk :

  • Klamidia
  • Gonore
  • Trikomoniasis


Tipe infeksi seperti di atas ini umumnya bisa ditangani dengan cara mengkonsumsi antibiotik. Namun, anda harus kembali untuk mengunjungi dokter anda jika tanda atau gejala tidak membaik atau bahkan justru kambuh.

3. Vagina terasa panas atau gatal-gatal
Gejala atau tanda-tanda seperti ini tidak selalu diakibatkan oleh penyakit menular seksual saja. Vagina yang terasa panas terbakar ataupun gatal-gatal bisa jadi disebabkan oleh adanya iritasi atau infeksi ragi. Meskipun demikian, jika Anda mendeteksi sensasi yang tidak biasa di sekitar area vagina Anda, segera konsultasikan dengan dokter pribadi Anda.

Bakterial vaginosis dan juga kutu pubis bisa menyebabkan rasa gatal-gatal di bagian vagina.

4. Rasa nyeri selama berhubungan seks
Rasa nyeri selama melakukan hubungan seks sangat umum dialami oleh sejumlah kaum wanita. Mungkin ini merupakan suatu alasan mengapa rasa nyeri tersebut menjadi gejala penyakit kelamin yang sering terlewatkan. Jika Anda mengalami sakit saat melakukan hubungan seks, maka segera konsultasikan dengan dokter anda, terutama jika rasa nyeri tersebut:

  • Baru kali ini anda mengalaminya
  • Berubah (intensitas, lokasi, bentuk)
  • Timbul setelah berganti kebiasaan seksual
  • Timbul setelah berganti pasangan seksual


Rasa sakit pada saat ejakulasi bisa juga diklarifikasikan sebagai tanda atau gejala penyakit kelamin untuk kaum pria.

5. Keputihan abnormal atau pendarahan vaginal
Keputihan yang tidak biasa dapat diakibatkan oleh sejumlah infeksi, dan itu tidak semuanya tergolong penyakit menular seksual. Infeksi yang terkait dengan penyakit kelamin, misalnya seperti infeksi ragi dan juga bacterial vaginosis bisa menyebabkan keputihan.

Keputihan sendiri tergolong normal dialami oleh kaum wanita selama menstruasi, tetapi biasanya tidak berbau ataupun berwarna. Jika keputihan tidak biasa, misalnya seperti keluar cairan hijau atau cairan kuning berbau dari vagina, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Keputihan akibat trikomoniasis itu biasanya berwarna hijau, berbusa, dan juga berbau tak sedap. Keputihan akibat gonore itu umumnya berwarna kekuningan dan dengan noda darah.

Jika Anda mengalami pendarahan di antara siklus menstruasi dan diikuti oleh keputihan, maka segeralah laporkan pada dokter pribadi anda. Gejala seperti ini juga muncul pada kanker.

6. Kutil atau memar
Kutil dan memar mungkin saja bisa dijadikan sebagai petunjuk dini dari adanya penyakit menular seks lainnya, termasuk :

  • Herpes genital
  • HPV
  • Sipilis
  • Molloscum contagiosum


Jika Anda telah menyadari adanya suatu benjolan aneh atau memar di dekat mulut atau area genital, segera anda konsultasikan dengan dokter pribadi, bahkan jika benjolan tersebut hilang sebelum Anda pergi bergegas ke dokter. Anda masih sangat berpotensi mudah menyebarkan infeksi meskipun sakit dan benjolan tersebut sudah menghilang dikarenakan virus tetap berada didalam darah Anda dari waktu ke waktu.

7. Sakit panggul atau perut bagian bawah
Nyeri dibagian panggul bisa diakibatkan oleh sejumlah kondisi dan tidak selalu dikaitkan dengan adanya penyakit menular seksual. Tetapi, salah satu faktor penyebabnya adalah radang panggul. Radang panggul ini akan timbul ketika penyakit kelamin tersebut tidak diobati. Bakteri naik ke rahim dan menuju ke perut Anda, yang menyebabkan peradangan dan juga luka jaringan parut. Sakit panggul jenis seperti ini bisa amat sangat menyakitkan, dan pada beberapa kasus, hingga berujung fatal.

Penting sekali untuk selalu memeriksakan kesehatan diri, yang terutama jika kehidupan seksual Anda tergolong sangat aktif, pernah melakukan hubungan seks tanpa pengaman, atau Anda merasa beresiko terhadap penyakit kelamin. Sadari setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, sekecil apapun itu. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter pribadi untuk pemahaman yang lebih mendalam.

Nah, itulah pembahasan tentang Mengenal Gejala Anda yang Mungkin Mengidap Penyakit Kelamin tersebut, semoga bermanfaat dan untuk masyarakat Indonesia jaga pola makan sehat anda dan rubahlah gaya hidup anda dari sekarang. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar