Info News

Wanita Hamil Alami Keputihan, Apakah Normal?

Keputihan saat Hamil ( Gejala, Penyebab, Obat yang Aman ), Apakah Keputihan saat Hamil dapat Berbahaya?, Wanita Hamil Alami Keputihan, Normalkah?

Apakah Normal Wanita Hamil mengalami Keputihan - Kehamilan menjadi sebuah proses yang cukup riskan bagi kaum wanita karena kesehatan secara fisik dan juga psikis harus benar-benar terjaga. Banyak sekali masalah kesehatan yang bisa terjadi selama masa kehamilan, termasuk juga keputihan.

Karen Nordahl, M.D, salah satu pendiri dari Vanocouver, British Columbia-based Fit to Deliver International dan juga Fit Pregnancy menjelaskan bahwa beberapa kaum wanita bisa mengalami peningkatan keputihan di fase kehamilan mereka. Akan tetapi, ada jug beberapa dari mereka yang sama sekali tidak mengalami masalah keputihan.

Tapi, yang paling penting untuk diingat dan juga diperhatikan adalah keputihan yang mendadak atau tidak. "Dan juga harus dilihat keputihan apakah diikuti dengan infeksi atau tidak", ujar Nordahl.

Mengutip KlikDokter, Dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa cairan organ kewanitaan (vagina) yang berlebihan bisa terjadi pada saat masa kehamilan. Faktor penyebabnya antara lain yaitu karena perubahan kadar hormon estrogen dan juga terjadinya peningkatan aliran darah ke daerah organ kewanitaan saat kehamilan.

"Keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu keputihan normal dan keputihan abnomal. Dalam keadaan normal cairan vagina berwarna jernih dan juga tidak berbau atau gatal. Tetapi ketika cairan yang keluar dari vagina ini sudah mengalami perubahan (warna putih susu, keabu-abuan, kehijauan) dan berbau tak sedap dan disertai dengan keluhan lainnya seperti gatal, panas dan lain sebagainya, maka menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan yang abnormal", katanya.

Kendati demikian, anda tetap perlu mewaspadai faktor penyebab keputihan saat masa kehamilan anda, seperti yang dilansir dari Fit Pregnancy.

Di kutip dari laman Fit Pregnancy

Infeksi ragi pada kaum wanita yang sedang hamil bisa ditandai dengan gejala gatal-gatal, kemerahan dan juga rasa nyeri di area organ kewanitaan. Beberapa wanita juga mengalami rasa sakit ketika melakukan hubungan intim dan rasanya seperti terbakar saat buang air kecil. Akan tetapi, hal ini masih sangat normal karena terjadi akibat perubahan hormonal.

Bakteri vaginosis (BV)

Infeksi disebakan oleh ketidakseimbangan pada bakteri ini terkadang tidak menunjukkan gejala-gejala apapun, namun ia bisa mengeluarkan sebuah cairan yang berbau amis yang tampak setelah bercinta. Rasa gatal-gatal atau sensasi seperti terbakar ini juga umum terjadi pada kondisi ini.

Sayangnya kondisi seperti ini tidaklah normal, karena infeksi akan bisa terjadi didalam rahim dan menyebabkan ketuban jadi pecah dini saat masa kehamilan. Menurut April Sarvis, M.D, seorang OB-GYN di Bloomfield Hills, Mich, ini juga bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Segeralah temui dokter anda dan dapatkan resep untuk membersihkan bakteri-bakteri tersebut supaya janin didalam kandungan aman dan mengurangi kemungkinan persalinan prematur.

Penyakit menular seksual (PMS)


PMS yang terjadi ditengah-tengah masa kehamilan bisa menimbulkan cairan berwarna kekuningan ataupun kehijauan  dan sedikit berbau . Ini tidaklah normal.

Keputihan seperti ini jika terjadi selama masa kehamilan, maka bisa menyebabkan persalinan prematur dan infeksi rahim setelah melahirkan.

Nah, itu saja informasi Apakah Normal Wanita Hamil mengalami Keputihan tersebut ini. Mudah-mudahan, anda seorang wanita yang baru saja menikah, dan tentunya anda sudah tahu bukan banyak masalah-masalah kesehatan ketika anda memasuki masa kehamilan. Jadi, sebaiknya berjaga-jagalah...

Tidak ada komentar