Info News

Tiap Jam Nyawa Satu Wanita Melayang karena Kanker Serviks

Tiap Jam Nyawa Satu Wanita Melayang karena Kanker Serviks, Gerakan bebaskan wanita Indonesia dari KANKER MULUT RAHIM, Tiap 1 Jam, Satu Wanita Indonesia Meninggal karena Kanker Serviks

Bahaya Kanker Serviks - Kanker serviks itu termasuk jenis penyakit kanker pembunuh yang menduduki peringkat teratas bagi kaum wanita. Setiap jam, ada satu wanita korban meninggal karena penyakit yang dikenal juga dengan kanker leher rahim ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. dr. Laila Nuranna, SpOG(K) dari Fakultas Kedokteran UI saat memaparkan mengenai kanker servikspada acara 'Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara' dengan tes IVA dan Sadani.

"Yang beresiko terkena kanker serviks itu semua kaun wanita. Di negara Indonesia, satu wanita tiap satu jam meninggal dunia karena kanker serviks. Dalam stadium lanjut, penyakit kanker serviks ini akan menyebar hingga ke liver (hati) sampai ke paru-paru", kata Dr. Laila Nuranna di Gedung Kementerian Kesehatan.

Kanker serviks ini sebenarnya bisa dicegah, kematian pun bisa dihindari. Asalkan para kaum wanita mau melakukan tes IVA, yang berupa pemeriksaan skrining dengan menggunakan asam asetat untuk memberi petunjuk resiko seorang wanita yang mengidap kanker serviks atau tidak.

Jika hasilnya positif, maka bisa langsung ditangani dengan cepat.

Pada acara Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara dengan tes IVA dan Sadani ini hadir pula Menteri Kesehatan Nila Farida Moeloek, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla.

Nah, itu saja singkat pembahasan dalam artikel Bahaya Kanker Serviks ini. Semoga dengan adanya pembahasan diatas ini, kaum wanita mau atau bersedia untuk mengikuti pemeriksaan tes IVA guna mendeteksi dini kanker serviks yang mematikan ini. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar