Info News

Self Test, Cara Deteksi Dini Kanker Serviks Sendiri

Self Test, Cara Deteksi Dini Kanker Serviks Sendiri, Deteksi Kanker Serviks Bisa Dilakukan di Rumah, 'Self Sampling', Wanita Bisa Deteksi Kanker Serviks di Rumah

Cara Mendeteksi Dini Kanker - Salah satu cara deteksi dini kanker servik biasanya melalui test IVA atau yang disebut dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat. Setiap wanita bisa melakukan tes tersebut di puskesmas terdekat. Akan tetapi, tes IVA ini untuk melihat resiko gejala kanker serviks bisa dilakukan sendiri atau yang disebut dengan self test (pemeriksaan sendiri).

"Self test ini dilakukan bagi kaum wanita yang malu untuk melakukan deteksi dini kanker serviks di pelayanan kesehatan. Jika di puskesmas atau di rumah sakit, pasien harus mendaftar serta mengatri untuk memeriksakan diri", ujar Dr. Laila Nuranna, SpOG(K), dokter kebidanan dan kandungan dari Fakultas Kedokteran UI.

Saat di wawancarai oleh Health-Liputan6.com di sela-sela acara 'Deteksi Dini Kanker Servik dan Payudara dengan Tes IVA dan Sadani' di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin, tanggal 17-04-2017, Dr. Laila menjelaskan singkat tentang self test.

Alat yang digunakan untuk'self test' ialah berupa sebuah tabung kecil yang dimasukkan melalui organ intim wanita (vagina).

"Alat ini akan menangkap lendir-lendir yang berada di area leher rahim. Selanjutnya, lendir-lendir yang berada di dalam tabung akan dianalisis dan juga di proses di laboratorium. Hasil pemeriksaan apakah beresiko kanker serviks atau tidaknya bisa ditunggu selama seminggu sampai dua minggu", lanjut Dr. Laila.

Sayangnya, pemeriksaan self test yang menggunakan alat tabung kecil ini belum dilakukan di negara Indonesia.

"Cara ini baru dilakukan hanya sebatas penelitian saja", tutupnya.

Semoga saja dengan minyak artikel tentang Cara Mendeteksi Dini Kanker ini kaum wanita bisa lebih memberanikan diri untuk mengikuti tes IVA atau juga melakukan self test. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar