Info News

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Mencegah Infeksi Saluran Kencing pada Wanita, 7 Tips mencegah infeksi saluran kemih | merdeka.com, Pencegahan Infeksi Saluran Kemih, Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Tips Mencegah Infeksi Saluran Kemih - Organ tubuh untuk membantu proses pembuangan limbah-limbah dalam bentuk cairan maupun air kencing. Saluran kencing yang diawali dengan ginjal, kandung kemih, ureter dan juga uretra sangat penting. Penting sekali fungsi dari saluran kencing tersebut supaya proses pembuangan limbah berjalan dengan baik.

Ada yang menyebabkan pembuangan limbah tidak berjalan dengan baik jika ada salah satu dari saluran kencing tersebut tidak berfungsi dengan baik karena telah di infeksi. Infeksi pada saluran kencing tidak jarang terjadi, dan dikenal juga dengan nama ISK (infeksi saluran kemih) karena nantinya akan sulit berkemih atau buang air kecil dengan normal.

Untuk penderita ISK sendiri banyaknya dari kalangan wanita dewasa, karena salah satu yang mendukung wanita lebih mudah terinfeksi karena mempunyai uretra yang terlalu pendek, dan letak dubur dengan vagina yang tidak terlalu jauh jaraknya. Maka dari itulah kebanyakan yang mengalami masalah ISK ini dari kalangan wanita, meski pria juga bisa terkena, tetapi tidak terlalu banyak.

E. Coli adalah jenis bakteri yang menjadi faktor penyebab utama dari ISK. Organ pencernaan bisa di tinggal oleh bakteri E. coli sehingga bakteri tersebut bisa keluar dengan mudah dari dubur ataupun rektum. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika vagina dan dubur yang jaraknya sangat dekat itu sangat beresiko untuk terinfeksi oleh bakteri.

Banyak kaum wanita yang masih belum mengetahui tatacara dalam membersihkan vagina setelah membuang air besar yang tepat, sebab faktor kesalahan tersebutlah yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih pada wanita. Karena itulah perlu berhati-hati dalam menjaga kebersihan.

Ada faktor ISK dari bakteri lebih besar potensinya pada wanita. Resiko untuk di infeksi lebih mudah dan bahkan cepat jika memiliki daya tahan imun tubuh yang sangat lemah, jadi akan lebih mudah untuk terinfeksi. Selain itu juga, resiko untuk di infeksi lebih mudah terjadi dikarenakan oleh pemakaian alat bantu buang air kecil yang orang sakit gunakan ketika dirumah sakit untuk membatasi gerak tubuhnya. Karena memakai kateter atau alat bantu untuk buang air kecil-lah yang bisa menyebabkan masalah ISK ini akan lebih mudah terjadi. Karena itu, memakai alat bantu atau kateter memang cukup membantu, akan tetapi bisa juga menimbulkan efek yang tidak baik.

Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) bisa dialami juga dikarenakan mempunyai kelainan pada saluran kencing. Ada struktur yang berbeda dari organ normal yang mana menyebabkan penumpukan air kencing dibagian uretra akan meningkatkan resiko bakteri menginfeksi salah satu organ saluran kencing.

Keadaan kelainan yang seperti ini biasanya dialami sejak dilahirkan. Faktor lain yang dialami kaum wanita pada saat ada penurunan hormon. Di usia yang sudah tidak lagi muda perlahan-lahan produksi hormon akan berkurang dan karena hal seperti inilah vagina lebih mudah untuk di infeksi oleh kuman dan bakteri, penurunan hormon itu juga tanda-tanda dari wanita yang sudah mulai memasuki masa menopause. Untuk wanita yang sedang hamil pun juga memiliki resiko untuk terinfeksi lebih mudah.

Jika mengalami masalah infeksi saluran kemih, pasti respon yang pertama tubuh ialah akan demam, dan seluruh tubuh terasa sakit dan nyeri layaknya infeksi pada umumnya. Ciri-ciri khususnya ialah merasakan sakit dibagian bawah perut dan merasakan sakit dibagian pinggang.

Ketika membuang air kecil akan sulit karena merasakan kencing sakit dan juga bisa merasa tidak tuntas saat setelah membuang air kecil. Karena rasa belum tuntas ini akan menyebabkan keinginan untuk membuang air kecil tersebut akan meningkat pada gejala infeksi saluran kemih.

Untuk itulah jika muncul gejala-gejala infeksi saluran kemih, maka sebaiknya anda menggunakan obat yang bisa membantu menghentikan infeksi. Pada saat setelah sembuh pun mencegah infeksi saluran kemih karena ada kemungkinan untuk terinfeksi lagi. berikut dibawah ini upaya mencegah infeksi saluran kemih :

  • Memelihara daya tahan tubuh, mencegah penyakit infeksi saluran kemih yang pertama dan juga sangat penting untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit lainnya yakni dengan cara memelihara daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh untuk meningkatkan perlindungan, jadi jika ada bakteri-bakteri yang ingin menginfeksi tubuh bisa dicegah dan dilawan oleh imun tubuh. Untuk memelihara daya tahan tubuh supaya selalu kuat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, rajin olahraga dan mengkonsumsi vitamin C.
  • Mencegah infeksi saluran kemih yang kedua ialah membersihkan vagina yang baik dan benar. Wanita seringkali mengalami infeksi pada vagina-nya karena salah membersihkan. Cara membersihkan yang baik dan benar ialah dari atas kebawah, jangan sebaliknya.
  • Mencegah infeksi saluran kemih yang ketiga ialah menghindari pemakaian kondom. Dengan menghentikan pemakaian kondom spermisida karena itu salah satu pemicu dari infeksi saluran kemih.
  • Mencegah infeksi saluran kemih yang keempat ialah menjaga kebersihan dan kelembapan vagina. Jangan biarkan celana yang dipakai lembap dan jika lembap langsung anda ganti dengan yang kering, dan hindari pemakaian tisu yang bekas untuk vagina.


Nah, itulah Tips Mencegah Infeksi Saluran Kemih ini. Semoga ulasan yang kami tulisankan dalam artikel kali ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan sedikit pelajaran tambahan mengenai dunia kesehatan. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar