Info News

Apa Itu Gagal Ginjal Kronis?

Gagal Ginjal Kronis - Gejala, penyebab dan mengobati, Gejala Gagal Ginjal Kronis - Alodokter, Pengobatan Gagal Ginjal Kronis - Alodokter

Pengertian Gagal Ginjal Kronis - Gagal ginjal kronis adalah suatu penurunan fungsi ginjal di bawah batas normal. Jika Anda menderita gagal ginjal kronis, itu artinya ginjal anda tidak bisa menyaring kotoran didalam tubuh, tidak mampu mengontrol jumlah air didalam tubuh, dan juga kadar garam serta kalsium dalam darah. Zat-zat sisa metabolisme yang tidak berguna akan tetap tinggal didalam tubuh dan bisa membahayakan kondisi pasien.

Gagal ginjal kronis itu biasanya terjadi secara  tiba-tiba dan pertumbuhannya lambat laun. Penyakit jenis ini berlangsung lambat dan biasanya tidak muncul hingga si pasien menunjukkan gejala parah dan membahayakan kesehatannya.

Seberapa umumkah gagal ginjal kronis itu?

Gagal ginjal kronis sendiri merupakan jenis penyakit umum yang berkaitan dengan proses penuaan. Semakin tua usia seseorang, maka resikonya akan semakin tinggi. Diperkirakan 1/5 dari pria dan 1/4 dari wanita yang berusia 65-74 tahun memiliki kecenderungan yang lebih kuat untuk terkena jenis penyakit yang satu ini. Anda bisa menurunkan peluang terkena penyakit ini dengan cara mengurangi faktor resiko Anda. Silakan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut lagi.

Apa saja tanda dan gejala gagal ginjal kronis itu?

Gagal ginjal kronis seringkali tidak menunjukkan tanda atau gejala pada tahap awal dan hanya berkembang secara perlahan-lahan. Tanda dan gejala tahap akhir dari gagal ginjal kronis meliputi mual, muntah, dan diare serta hilangnya nafsu makan.

Beberapa gejala lainnya seperti perasaan lesu, sesak napas, masalah pada mulut, sakit perut, mati rasa, kesemutan, terbakar kaki panas dan juga tangan, turunnya libido, tidak ada menstruasi, anemia, nyeri otot dan juga tulang.

Selain itu, pasien juga akan mengalami beberapa kondisi seperti sulit tidur, depresi, kejang-kejang, pingsan dan koma; gatal, tekanan darah normal, serta aliran darah bermasalah juga bisa terjadi.

Kemungkinan terdapat tanda atau gejala yang tidak tercantum diatas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai gejala atau tanda-tanda yang dialami, maka silahkan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Silahkan konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalami gejala gagal ginjal kronis yang meliputi mual, diare, masalah pada perut, kesemutan pada tungkai, kurang tidur, kejang-kejang atau gejala seperti disebutkan diatas tersebut. Status dan kondisi kesehatan bisa bervariasi pada setiap orang. Selalu diskusikan dengan dokter guna mendapatkan diagnosis, pengobatan serta perawatan yang terbaik bagi kesehatan tubuh Anda.

Apa penyebab gagal ginjal kronis?
Penyebab utama dari gagal ginjal kronis adalah:

  • Beberapa obat yang pernah digunakan dalam penyembuhan penyakit juga bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal, yang mana bisa memicu gagal ginjal kronis.
  • Infeksi, infeksi pada sistem urin, gagal jantung kongestif, diabetes dan juga tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis.
  • Berbagai kondisi yang menyebabkan kurangnya supply darah untuk ginjal, urin yang tersumbat atau gagal ginjal kemungkinan bisa menjadi penyebab penyakit gagal ginjal kronis.


Apa yang meningkatkan resiko saya untuk gagal ginjal kronis?
Faktor-faktor berikut ini bisa meningkatkan resiko anda mengalami gagal ginjal kronis:

  • Usia: berlebihan dalam berolahraga serta menurunnya tingkat kesehatan seiring Anda menua.
  • Etnisitas: orang Afrika, Amerika, dan suku asli Amerika lainnya memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan ras lainnya.
  • Jenis kelamin: pria lebih beresiko daripada wanita.
  • Riwayat kesehatan keluarga: riwayat keluarga merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan diabetes dan tekanan darah tinggi, yang mana bisa menjadi pemicu utama gagal ginjal kronis.
  • Makanan yang mengandung banyak protein dan juga lemak: mengkonsumsi makanan yang tidak begitu banyak mengandung protein dan lemak bisa membantu Anda mengurangi resiko terkena gagal ginjal.
  • Pemakaian jenis obat tertentu: hentikan pemakaian obat-obatan yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal, misalnya saja analgesik serta beberapa jenis-jenis antibiotik NSAIDS.


Apa saja pilihan pengobatan yang terbaik untuk gagal ginjal kronis itu?

Untuk mengobati serta menghambat perkembangan penyakit gagal ginjal kronis, pasien perlu menjalani sejumlah program diet, pengobatan, mengontrol olahraga serta aktivitas yang bisa memperparah penyakit ini, dialisis atau transplantasi ginjal juga bisa dilakukan atas saran dokter.
Hindari jenis makanan yang mengandung banyak kalium, garam, fosfor atau protein tinggi.
Sangat penting sekali untuk menjaga tekanan darah serta memeriksakan secara berkala.
Dokter akan melakukan transfusi darah jika si pasien mengalami anemia.
Obat yang bersifat diuretik bisa mencegah terjadinya penumpukan cairan didalam tubuh.
Hentikan pemakaian obat-obatan tertentu yang bisa memicu kerusakan pada ginjal.
Menjalani pengobatan untuk diabetes, hipertensi, gagal jantung kongestif dan infeksi.
Beberapa pasien perlu menjalani dialisis ginjal jika pengobatan tidak berhasil. Dialisis ini membantu membersihkan ginjal dari zat-zat sisa metabolisme dalam darah ketika ginjal sudah tidak mampu menjalankan tugasnya. Dialisis ginjal ini bisa bersifat sementara atau bahkan permanen.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk penyakit gagal ginjal kronis?

Dokter akan mengambil sampel darah dan tes urin untuk menentukan apakah terdapat kerusakan pada organ ginjal atau tidak. Selain itu juga, akan dilakukan tes lain pula guna memastikan kondisi kesehatan ginjal anda. Dokter akan menggunakan sinar-X untuk memeriksa ukuran ginjal yang mungkin menjadi faktor penyebab ginjal rusak, selain adanya gangguan lain, gangguan pada saluran urin, batu ginjal atau tumor ginjal.

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gagal ginjal kronis?
Berikut gaya hidup serta pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda mengatasi gagal ginjal kronis.

  • Ikuti petunjuk program diet yang disarankan oleh ahli kesehatan Anda, termasuk menyeleksi cairan yang masuk kedalam tubuh.
  • Gunakan obat sesuai dengan arahan dari dokter. Jangan melewatkan pengobatan atau penggunaan dosis obat.
  • Catat berat bedan harian Anda. Catat jumlah cairan yang Anda minum dan jumlah urin yang Anda keluarkan jika dokter memintanya.
  • Olahraga secara teratur, tetapi hindari aktivitas berat.
  • Hubungi dokter segera apabila Anda mengalami demam, menggigil, sakit kepala, otot terasa sakit, napas pendek, mual, muntah dan juga dada terasa sakit.


Nah, itulah informasi seputar Pengertian Gagal Ginjal Kronis tersebut dan mudah-mudahan ulasannya bermanfaat bagi banyak orang serta bisa dipahami oleh seluruh masyarakat umum di Indonesia maupun luar Indonesia. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar