Info News

3 Komplikasi Berbahaya Akibat Keputihan yang Tidak Normal

3 Komplikasi Berbahaya Akibat Keputihan Tidak Normal, Waspada! Inilah 3 Komplikasi Berbahaya Akibat Keputihan Tidak Normal, Komplikasi Berbahaya Akibat Keputihan Pada Wanita

Komplikasi Berbahaya Keputihan - Keputihan yang tidak normal, berbau dan berwarna kuning seringkali dikaitkan dengan infeksi bakteri. Dan, jenis bakteri yang paling sering menyebabkan masalah keputihan adalah bakteri 'gardnerella'.

Sebetulnya bakteri penyebab masalah keputihan yang tidak normal bisa di hambat dengan kandungan antiseptik, misalnya seperti pada daun sirih. Akan tetapi, jika keputihan yang anda alami memang akibat dari infeksi bakteri dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter.

"Keadaan ini bisa menimbulkan komplikasi yang serius", kata Dr. Theresia Rina Yunita.

Berikut ini komplikasi akibat keputihan yang harus anda hindari :

Pelvic Inflammatory Disease (PID)
PID adalah peradangan pada organ reproduksi kaum wanita. Peradangan ini seringkali dihubung-hubungkan dengan masalah kesuburan hingga kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim).

Infeksi HIV dan lain-lainnya
Keputihan yang tidak normal akan meningkatkan resiko terkena infeksi HIV, gonore dan juga jenis penyakit-penyakit lainnya.

Komplikasi dalam kehamilan
Keputihan sebenarnya normal ketika hamil, jika terjadi keputihan yang tidak normal maka itu bisa sangat berbahaya sekali. Resikonya berupa kelahiran prematur dan berat badan si janin yang rendah.

Cara Cegah Keputihan

Cara untuk mencegah keputihan yang tidak normal, disini ada beberapa hal yang bisa anda laukan, seperti :

Menjaga kebersihan vagina
Bersihkan organ kewanitaan (vagina) dengan menggunakan air bersih atau sabun dengan pH yang sesuai. Selain itu juga, basuhlah organ kewanitaan dari depan ke belakang setelah anda buang air kecil supaya bakteri di area anus tidak berpindah ke organ kewanitaan (vagina).

Sering mengganti celana dalam
Gantilah celana dalam adan setidaknya dua kali dalam sehari, yang terutama jika sudah sangat terasa lembap. Pilihlah celana dalam yang berbahan katun agar mudah menyerap keringat.

Ganti pantyliner secara rutin
Bila perlu anda bisa menggunakan pantyliner. Akan tetapi, ada hal penting sekali yang perlu diperhatikan. Pantyliner ini harus diganti setiap tiga jam sekali supaya tetap bersih dan tetap kering.

Tidak bergonta-ganti pasangan seks
Gunakanlah alat kondom saat melakukan hubungan seks, karena itu juga salah satu cara sederhana untuk mencegah keputihan yang tidak normal. Atau lebih bagusnya lagi jangan berganti-ganti pasangan seks.

Keputihan yang tidak normal itu masih bisa dicegah dengan cara menghambat bakteri-bakteri penyebab keputihan. Jadi, mulailah untuk menjaga kebersihan serta kesehatan organ kewanitaan supaya anda terhindar dari keputihan yang tidak normal.

Nah, demikianlah artikel Komplikasi Berbahaya Keputihan ini, semoga ulasan di atas bermanfaat dan memberikan sedikit pengetahuan terkait dengan pencegahan masalah pada kaum wanita. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar