Info News

Wanita Usia Produktif Rentan terkena Kanker Serviks

Wanita Usia Produktif Rentan Kena Kanker Serviks, Wanita Usia Muda pun Rentan Terkena Kanker Serviks, Wanita Usia Produktif yang Rentan Terserang Kanker Serviks

Bahaya Kanker Serviks - Kanker serviks paling banyak menyerang kaum wanita yang usia produktif dengan rentang usia 36 - 55 tahun. Untuk mencegah kanker serviks, tindakan promotif dan preventif merupakan salah satu solusi yang terbaik.

Virus Human Papillomavirus (HPV) adalah penyebab penyakit kanker serviks. Mudahnya penyebaran virus, dan kurangnya pemahaman untuk melakukan pendeteksian dini serta minimnya pencegahan membuat penyakit yang satu ini semakin mudah menyerang. Selain itu juga, kanker serviks cenderung tidak menunjukkan tanda atau gejala apapun, sehingga seringkali terdeteksi ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Untuk itulah, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan bersama Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) telah menggalakkan kampanye promotif dan preventif untuk mencegah penyakit kanker serviks secara efektif.

"Tindakan promotif, seperti pemberian edukasi dan tindakan preventif dengan melakukan vaksinasi HPV serta pemeriksaan pap smear merupakan cara efektif mencegah kanker serviks", ucap oleh Dr. Cindy Rani Wirasti, SpOG dalam acara kampanye kanker serviks di Graha YKI, tepatnya pada hari Kamis (07/09/2017).

Dr. Cindy menjelaskan bahwa mendeteksi secara dini kanker serviks sangat penting sekali karena biasanya kanker serviks tidak menunjukkan gejala, sehingga pasien baru menyadari setelah memasuki stadium lanjut.

"Kanker serviks sendiri umumnya tidak menunjukkan gejala apapun. Ketika seseorang didiagnosa terkena penyakit kanker serviks, itu berarti dia sudah terkena virus human papillomavirus atau HPV sejak beberapa tahun sebelumnya", lanjut Dr. Cindy.

Deteksi dini kanker serviks bisa dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan IVA. Jika terdeteksi gejala kanker serviks, maka pasien masih bisa untuk diobati. Tetapi jika pasien menyadari setelah memasuki stadium llB, pasien hanya bisa menjalani kemoterapi dan juga radiasi.

Mungkin cukup disini saja tentang sekilas info mengenai Bahaya Kanker Serviks ini, mudah-mudahan bermanfaat dan apabila anda masih kurang paham, sebaiknya baca artikel terkait diatas. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar