Info News

Tangan yang Terkontaminasi Sebabkan Kanker Serviks

Tangan yang Terkontaminasi Sebabkan Kanker Serviks?, Kanker Serviks Bisa Dicegah 100 Persen karena Vaksin HPV, Hubungan Seks di Usia Muda Rentan Infeksi HPV Penyebab Kanker serviks

Kontaminasi Tangan sebabkan Kanker Serviks - Ketua Umum Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia atau disingkat HOGI, Prof. Andrijono SpOG(K), menyatakan bahwa siapa pun pasti bisa mengidap kanker serviks karena virus ditularkan dari kulit ke kulit. Tidak hanya melalui kontaks seksual saja, tetapi juga melalui tangan yang sudah terkontaminasi.

Tapi, tak dipungkiri, rentannya wanita Indonesia mengidap kanker serviks akibat pernikahan usia dini yang masih marak terjadi. Berdasarkan data-data riset kesehatan dasar 2013, sebanyak 43% wanita menikah dibawah usia 19 tahun.

Mereka tidak sadar, hubungan seks di usia muda rentan menimbulkan infeksi HPV di leher rahim dan bahkan berpeluang berkembang menjadi kanker. "Apabila jika daya tahan hidup mereka rendah" kata Prof. Andrijono.

Tepat satu bulan lalu, HOGI melakukan sosialisasi program Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) ke pemerintah Presiden Joko Wiidodo dan diterima Kepala Staf Kepresidenan, yakni Teten Masduki.

Teten Masduki sendiri mendukung penuh program pemberantasan kanker serviks tersebut. "Kita harus membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan dini dan pencegahan yang selama ini terhitung amat sangat rendah. Upaya ini sangat efektif fengan melibatkan kerja bareng pemerintah, swasta dan juga sekolah", ujarnya.

Adapun tema kampanye dari KICKS yaitu Melangkah Bersama Cegah Kanker Serviks, setidanya dengan tiga langkah;

Pertama, memberi dukungan kepada program penatalaksana (skrining abnormal) dan juga vaksinasi HPV (BIAS). Kedua, memperluas jangkauan serta partisipasi dari perkumpulan medis non-medis dalam usaha melawan kanker serviks, yang terutama ialah pemberian vaksin HPV. Ketiga, mengkoordinir gerakan dan kegiatan pencegahan HPV serta kanker serviks, termasuk vaksinasi.

Nantinya, lanjut Prof. Andrijono program ini akan bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja atau disingkat OASE KK dan juga Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Kami berharap ada endorsement untuk mempercepat masuknya vaksin HPV ke program vaksinasi nasional, karena menginngat vaksin HPV ini sudah masuk kedalam program BIAS dan sudah diproduksi di Indonesia", katanya.

Itulah ulasan artikel Kontaminasi Tangan sebabkan Kanker Serviks ini, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya bagi kaum wanita yang tidak ingin kanker serviks terjadi pada anda. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar