Info News

Sekali lagi Diingatkan, Menikah Muda Beresiko Idap Kanker Serviks

Kembali Diingatkan, Menikah Muda Berisiko Idap Kanker Serviks, Pernikahan dini tingkatkan resiko kanker serviks, Perempuan dengan Kondisi Ini Berisiko Kena Kanker Serviks

Nikah Muda Resiko Kanker Serviks - Angka kematian akibat kanker serviks yang berdasarakan dari data Globocan sudah mencapai sebanyak tujuh ribu lebih setiap tahunnya. Di negara Indonesia sendiri, penyakit kanker serviks ini sudah menempati urutan kedua berdasarkan patologi anatomi pada tahun 2008.

Melihat data-data tersebut, penyakit kanker serviks ini memang menjadi sebuah hal yang sangat menakutkan khususnya bagi kaum wanita. Untuk itulah, perlu mengetahui resiko terkecil dari terjadinya kanker serviks. Dan salah satu resiko yang bisa terjadi yaitu menikah pada usia muda.

"Hal ini disebabkan serviks atauleher rahim masih belum matang secara sempurna, sehingga sangat mudah sekali terinfeksi. Oleh karena itu lebih tinggi resikonya", Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K), Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI).

Usia menikah di negara Indonesia berdasarkan Litbangkes pada tahun 2010 yang menyebutkan rentang usia 15-19 paling tinggi terjadi sebesar 41.9% dibandingkan dengan usia lainnya. Dari angka tersebut itu, kanker serviks bisa mengancam banyak kaum wanita. Sedangkan menurut Prof. Andrijono sendiri, usia matang leher rahim atau serviks itu ialah pada usia 20 tahun.

Meski menikah muda saat dulu sudah lazim terjadi, kanker serviks ternyata pernah berada dalam urutan tertinggi. Tetapi, saat ini jumlahnya telah berkurang dikarenakan adanya metode skrining yang bisa mencegah dan mendeteksi kanker serviks pada masa awal.

Hal inilah yang juga mendorong Kementerian Kesehatan berencana untuk terus mengupayakan pemberian vaksin HPV pada anak-anak perempuan dibawah usia 19 tahun, tepatnya mulai dari usia 11 tahun.

Metode vaksin HPV ini dikenal bisa menangkap dan mematikan virus HPV secara efektif. Proteksi sejak dini diperlukan sekali sebagai bentuk pencegahan terhadap virus HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks.

Demikian saja pembahasan tentang Nikah Muda Resiko Kanker Serviks ini. Nah, untuk anda yang masih muda-muda, alangkah baiknya jangan terburu-buru untuk menikah selagi usia masih dibawah 20 tahun, karena leher rahim masih belum cukup kuat. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar