Info News

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, Penyebab Infeksi Saluran Kemih, Infeksi kandung kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, 4 Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Infeksi Saluran Kemih - Ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra merupakan bagian dari saluran kencing yang mempunyai fungsi untuk membantu mengeluarkan urin dari mulai ginjal sampai ke uretra untuk dikeluarkan oleh tubuh. Tapi, saluran kemih atau saluran kencing ini bisa mengalami penyakit, yang mana dikenal dengan infeksi saluran kemih atau disingkat ISK. Bakteri yang menjadi penyebab utama masalah ISK. Jika bakteri masuk kedalam tubuh atau kesaluran kemih, maka akan mengganggu buang air kecil. Wanita yang lebih sering terkena ISK, karena infeksi bakteri akan lebih mudah pada wanita dibandingkan dengan pria. Oleh sebab itulah banyak penderita infeksi saluran kemih dari kalangan kaum wanita.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih itu bisa dialami oleh siapa saja meskipun lebih banyak dari kalangan kaum wanita, dan berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan dan akan memicu terjadinya masalah infeksi saluran kemih:

Batu ginjal
Batu ginjal bisa juga menjadi penyebab dari infeksi saluran kemih, karena pada saat batu ginjal maka akan menyebabkan hambatan pada keluarnya urin, dan jika berlangsung cukup lama, maka akan menyebabkan saluran kemih bisa terinfeksi. Oleh karena itulah jika memiliki batu ginjal, maka sebaiknya segera diobati karena bisa mengakibatkan timbulnya penyakit baru yakni infeksi saluran kemih.

Alat KB
Pemakaian alat kb bisa menjadi penyebab masalah ISK. Hal ini akan lebih banyak dialami oleh kaum wanita yang memakai jenis alat KB diafragma. Sebab alat kb tersebut apabila digunakan bisa memicu terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) yang akan menyebabkan timbulnya rasa sakit saat buang air kecil.

Kateter
Selain pemakaian alat KB, pemakaian kateter juga bisa menjadi faktor penyebab infeksi saluran kemih. Sebab kateter digunakan untuk membantu dalam membuang air kecil saat sedang sakit, sehingga ketika buang air kecil tidak memerlukan ke toilet, maka akan diberikan kateter untuk dipasangkan di area saluran buang air kecil, dan apabila kateter yang digunakan tidak terlalu bersih, maka bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Pria dan wanita bisa mengalami masalah infeksi saluran kemih dari kateter.

Penyakit diabetes
Jika anda mengalami penyakit diabetes pun juga bisa mengalami masalah infeksi saluran kemih, sebab secara tidak langsung penyakit diabetes ini bisa menjadi faktor penyebab infeksi saluran kemih. Karena pada saat sakit diabetes, maka menurunkan imun tubuh bisa terjadi, sehingga bisa dengan mudahnya bakteri akan masuk ke saluran kemih.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih jika terjadi maka akan menimbulkan ciri atau gejala yang akan dirasakan oleh si penderita infeksi saluran kemih, dan berikut ini beberapa gejala infeksi saluran kemih yang mungkin untuk dialami pada saat infeksi saluran kemih:

  • Demam
  • Mual & muntah
  • Kencing berdarah
  • Nyeri buang air kecil
  • Urin berbau
  • Nyeri pada rektum
  • Anyang-anyangan


Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Jika terjadi infeksi saluran kemih, maka bisa diobtai dan bahkan juga diatasi dengan menggunakan obat infeksi saluran kemih. Obat tersebut sangat mudah untuk ditemukan dan juga untuk digunakan. Dan berikut dibawah ini obat-obat alami yang bisa menjadi cara tradisional mengatasi infeksi saluran kemih yang bisa anda gunakan:

1. Kumis kucing
Cara mengatasi infeksi saluran kemih yang bisa dilakukan salah satunya ialah dengan melakukan penyembuhan infeksi saluran kemih dengan cara tradisional. Cara tradisional yang bisa dilakukan ialah menggunakan kumis kucing. Kumis kucing ini merupakan nama tanaman herbal yang dapat digunakan berbagai macam jenis penyakit dan salah satunya ialah infeksi saluran kemih. Untuk membuat obat ampuh infeksi saluran kemih, maka kumis kucing bisa direbus dan diminum air rebusannya untuk menyembuhkan penyakit ISK tersebut.

2. Daun kemuning
Selain kumis kucing, masih ada satu bahan lagi dari tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Salah satunya ialah daun kemuning. Jika anda sedang menderita infeksi saluran kemih sampai air urin yang dikeluarkan berbau tak sedap dan berkeruh, maka cara ampuhnyan ialah mengambil daun kemuning untuk direbus dan dijadikan obat herbal supaya infeksi saluran kemih bisa tersembuhkan.

3. Mentimun
Mentimun mempunyai begitu banyak sekali khasiat, selain untuk menghilangkan bau dana yang tak sedap dan bisa mencerahkan kulit, mentimun ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan serta mengatasi infeksi pada saluran kemih. Apabila ingin menyembuhkan infeksi saluran kemih dengan menggunakan mentimun, maka cukup mengonsumsi mentimun dalam jumlah yang banyak, untuk membantu mengatasi infeksi yang sedang terjadi.

4. Daun seledri
Daun seledri tak hanya bisa digunakan untuk menurunkan hipertensi atau digunakan untuk memasak saja. Tapi, kandungan sehat yang dimiliki oleh daun seledri tersebut juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih.

5. Minum air putih
Mudah saja cara untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih yang sedang terjadi tersebut. Cukup minum air putih akan bisa membantu untuk membawa bakteri-bakteri keluar dari dalam tubuh dan menyembuhkan infeksi saluran kemih.

Nah, itu saja info Infeksi Saluran Kemih tersebut, dan jangan lupa setelah menyimak artikel ini anda bisa menyimak artikel-artikel terkait selanjutnya yang bisa menjadi pelajaran penting bagi anda. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar