Info News

Pengertian tentang Kutil

Kutil - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter, Kutil - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Apa itu Kutil: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Cara Mengobati, Penyakit Kutil

Penjelasan tentang Kutil - Kutil adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang pada umumnya ditandai dengan adanya benjolan kecil bertekstur kasar yang muncul diatas permukaan kulit. Kutil sendiri disebabkan oleh 'human papilloma virus atau disingkat HPV'. Jenis virus yang menyerang lapisan kulit ini membuat produksi keratin atau juga protein keras menjadi meningkat pesat, sehingga melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh. Kelebihan keratin ini kemudian akan menumpuk dibagian atas kulit dan membentuk testur baru yang disebut dengan kutil.

Virus penyebab kutil bisa menular dengan sangat mudah. Penularan kondisi ini bisa terjadi jika seseorang bersentuhan secara langsung dengan kulit penderita atau juga benda yang terkontaminasi virus HPV. Meski demikian, tidak semuanya orang yang bersentuhan dengan virus HPV ini akan menyebabkan gejala kutil. Hal ini sangat dipengaruhi imunitas tubuh masing-masing. Oleh sebab itu, penderita yang imunitas tubuhnya bermasalah seperti HIH/AIDS atau yang baru saja melakukan transplantasi organ, akan rentan untuk terkena penyakit ini.

Selain orang-orang yang dengan sistem kekebalan tubuhnya rendah, anak-anak serta remaja pun juga lebih rantan untuk terkena kutil.

Gejala kutil
Pada umumnya, bentuk kutil itu menonjol ke atas seperti bulatan yang mempunyai permukaan kasar. Selain menyerupai bulatan yang kasar, ada juga yang bentuknya tampak memanjang dan tipis. Kutil juga bisa berkembang ditelapak kaki yang berlubang ditengah yang disekitarnya dikelilingi kulit yang mengeras.

Diameter kutil itu bisa berkisar antara 0,1 sampai 1 sentimeter. Kutil bisa muncul ditangan atau dibawah permukaan kaki. Meskipun demikian, kutil bisa muncul dipermukaan kulit mana saja.

Kutil merupakan suatu kondisi yang tidak bersifat kanker. Tampilannya mungkin akan lebih susah dibedakan dengan beberapa kondisi kulit lainnya. Oleh karena itulah, kunjungi dokter supaya bisa dilihat dan ditangani.

Pengobatan kutil
Meskipun sebagian besar kasus kutil itu bisa membaik dengan sendirinya, tetapi langkah-langkah pengobatan tetap perlu dilakukan, yang terutama jika kutil tersebut sudah menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. mulai menimbulkan rasa sakit dan bahkan menyebabkan pendarahan.

Sebagian besar kutil bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus adanya pengobatan (diobati), tetapi ini bisa memakan waktu sampai beberapa minggu atau bahkan juga beberapa bulan.

Ada baiknya kita mencoba menangani kutil dirumah dengan cara mengoleskan salep atau plester yang mengandung asam salisilat yang bisa dibeli tanpa memerlukan resep dokter untuk mempercepat proses penyembuhan. Sedangkan metode penghilangan kutil dengan cara menempelkan pita perekat pada kutil sampai sekarang belum terbukti keberhasilannya.

Apabila kutil tidak kunjung sembuh setelah diobati, disarankan anda untuk menemui dokter segera guna mendapatkan pengobatan yang terbaik. Metode pengobatan kutil yang biasanya dilakukan oleh dokter itu bisa bermacam-macam, dimulai dari pemberian krim kulit dengan kandungan zat yang lebih kuat, cryotherapy atau pembekuan area kulit yang sakit dengan nitrogen, sampai menggunakan terapi laser.

Nah, mungkin itu saja informasi mengenai Penjelasan tentang Kutil tersebut. Mudah-mudahan pengunjung dan anda bisa mendapatkan manfaat dari menyimak artikel yang kami buatkan khusus anda disini. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar