Info News

Lawan Virus Penyebab Kanker Serviks dengan Rajin Mencuci Tangan

18 Cara Mencegah Kanker Serviks (1-5 Wajib dilakukan, Pencegahan Kanker Serviks - Alodokter, Gejala dan Tindakan Pencegahan Kanker Serviks

Virus Kanker Serviks - Memang benar, penyakit kanker serviks seringkali terjadi karena hubungan seksual. Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu menjadi faktor penyebab utamanya.

"Penyebaran virus HPV yang menyebabkan kanker serviks bisa melalui kontak skin to skin. Dan salah satunya yaitu dari tangan", ujar Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), yakni Prof. Dr. dr Andrijono Sp.OG (K).

Akibat kontak dari tangan juga menjadi sumber dari berbagai penyakit, lanjut Prof. Andrijono, yang menyebabkan banyak rumah sakit menyediakan banyak botol antiseptik, yang  ditaruh di depan kamar para pasien.

Andrijono juga mengungkapan sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh seorang dokter di Inggris, mengenai gagang pintu tempat praktiknya. Setelah diselidiki, telah ditemukan adanya HPV positif di dalamnya. Kasus tersebut ini merupakan contoh kecil bagaimana penularan virus HPV bisa terjadi.

"Belum lagi tangan digunakan ke mulut, lalu tangan digunakan untuk membersihkan organ intim setelah membuang air kecil maupun besar", kata Prof. Andrijono menekankan.

Dengan mencuci tangan, virus HPV dan juga kuman lainnya akan mati. Meskipun resiko infeksi penularan HPV berdasarkan data Litbangkes hanya sebesar 5,5%, namun hal ini tidak boleh disepelekan.

Jadi, upayakan untuk mencuci tangan sebelum makan, yang terutama sesudah membersihkan organ intim untuk mencegah terjadinya penyebaran virus HPV, penyebab terjadinya penyakit kanker serviks.

Selain melakukan vaksin HPV, masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa dilakukan supaya terhindar dari kanker serviks; pola makan yang bergizi, olahraga supaya imun tubuh kuat, sehingga virus HPV tidak akan betah untuk berlama-lama di tubuh kita.

Demikian informasi terkait dengan Virus Kanker Serviks tersebut, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus kunjungi dan simak informasi-informasi kesehatan lainnya. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar