Info News

Kanker Serviks bisa Dicegah 100 Persen karena Vaksin HPV

Kanker Serviks Bisa Dicegah 100 Persen karena Vaksin HPV, Ingat! Kanker Serviks 100 Persen Bisa Dicegah, Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi

Cegah Kanker Serviks - Data dari Badan Penelitian dan juga Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI telah menyebutkan bahwa angka pasien kanker serviks pada tahun 2015 telah mengalami peningkatan sebesar 82,5%.

Data-data sebelumnya juga telah menyatakan bahwa 70% pasien kanker serviks datang ke dokter sudah berada dalam stadium lanjut.

Menurut Prof. Dr. dr Andrijono SpOG(K), meski kanker serviks yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV) sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya, bukan berarti kanker yang mengakibatkan kematian nomor dua pada kaum wanita (setelah kanker payudara) ini tidak bisa dicegah.

"Sebetulnya penyakit kanker serviks ini bisa dicegah 100% karena ada skrining IVA, Papsmear dan juga vaksin HPV", ujar Prof Andrijono dalam diskusi di Forum NGOBRAS mengenai 'Vaksinasi HPV, untuk Aman dan Efektif Cegah Kanker Serviks', tepatnya pada hari Selasa tanggal (11-04-2017).

Vaksinasi HPV, lanjut Prof. Andrijono merupakan pencegahan yang paling efektif dan juga tidak memberikan efek samping. Batas usia yang diperbolehkan melakukan vaksin ialah 45 tahun.

Melihat angka pasien yang mengidap penyakit kanker serviks di negara Indonesia belum juga berkurang, adalah suatu hal yang tepat jika pemberian vaksin HPV tersebut sudah dilakukan sejak dini. Sedini murid sekolah dasar kelas 5 dan 6.

Berdasarkan anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia, kata Andrijono, sangat baik sekali apabila vaksinasi HPV diberikan pada anak perempuan yang masih berusia 11 tahun.

Oleh karena itulah Dr. Prima Yosephine dari Kasubdit Imunisasi, Kementerian Kesehatan RI, dan juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dr. Koesmedi Priharti telah bekerjasama melakukan program vaksinasi HPV kepada anak-anak SD kelas 5 dan 6.

Kementerian Kesehatan RI terus berupaya agar pemberian vaksin ini bisa merasa ke daerah-daerah yang lainnya di Indonesia. Indonesia tidak boleh kalah dari banyak negara-negara di dunia yang sudah lebih dulu rutin memberikan vaksin HPV tersebut. Bagaimana juga tujuannya sangat baik untuk memperkecil resiko kanker serviks.

Nah, itu saja info yang dapat kami berikan ulasannya, dan semoga setelah anda menyimak artikel Cegah Kanker Serviks ini anda mencoba untuk ikut serta dalam vaksinasi HPV dini. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar