Info News

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih, Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, Infeksi Saluran Kemih - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan - Mediskus

Penyakit Infeksi Saluran Kemih - Secara umum penyakit infeksi saluran kemih (ISK) bisa dibagi menjadi dua, yakni bagian atas dan bagian bawah. Terlepas dari itu, infeksi bisa terjadi terpisah berdasarkan organ yang terlibat.

1. Prostatitis akut dan kronik
Penyakit prostat akut disebabkan oleh infeksi akut di seluruh kelenjar prostat, dengan gejala demam dan juga nyeri di area prostat. Infeksi ini sering berkaitan dengan infeksi gonore atau 'raja singa' (kencing nanah) yakni infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Prostatitis kronis bisa disebabkan oleh penyakit inflamasi maupun juga non inflamasi. Misalnya saja refluks didalam prostat, paparan kuman terus-menerus, penyakit autoimun, metaboli urin yang bersifat iriatif atau nyeri neuropatik.

2. Epidimitis
Merupakan jenis dan penyebab penyakit infeksi saluran kemih yang terdapat didalam kantung zakar. Pada kaum pria berusia kurang dari 35 tahun, penyebab terseringnya ialah chlamyda trachomatis dan juga Neisseria gonorhoeae.

3. Orchitis
Seringkali disebabkan oleh virus, yang terutama virus penyebab gondongan (parotitis). Infeksi ini bisa dihindari melalui vaksinasi.

4. Pielonefritis
Infeksi pada ginjal, terutama terjadi akibat infeksi yang menjalar dari saluran kemih dibagian bawah. Tapi infeksi bisa juga terjadi melalui kuman yang terbawa didalam darah. Infeksi pada ginjal bisa bersifat fatal, dan merupakan salah satu pencetus terbentuknya batu ginjal.

5. Sistitis bakterial
Merupakan jenis infeksi pada kandung kemih yang terjadi akibat perjalaran infeksi dari uretra. Sistitis sendiri umumnya terjadi kepada pria dengan kelainan anatomis gangguan pengosongan kandung kemih atau kepada mereka yang dipasang kateter (selang berkemih).

6. Uretritis
Merupakan infeksi saluran kemih dibagian terluar yang bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual atau kuman penyebab infeksi saluran kemih. Gejala pada keduanya memang hampir sama persis. Pria berusia 20-35 tahun merupakan kelompok dengan resiko tinggi terjadinya uretritis, mengingat kemungkinan adanya pasangan seksual lebih dari satu atau praktek seksual beresiko tinggi, seperti tidak memakai kondom atau juga hubungan melalui anus.

Penyebab yang paling sering uretritis ialah gonorea dan juga klamidia disusul dengan penyakit menular seksual menular lainnya. Penyebab lainnya ialah iritasi akibat bahan--bahan kimia seperti sabun losion, jel kontrasepsi atau juga akibat penyempitan uretra.

Nah, demikian informasinya dan semoga ulasan Penyakit Infeksi Saluran Kemih ini bisa memberikan penjelasan yang bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya bagi kaum perempuan. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar