Info News

Jadikan Bulan ini Sebagai Langkah Awal Kesadaran Kanker Serviks

Jadikan Bulan Ini Sebagai Langkah Awal Kesadaran Kanker Serviks, Berita Harian Kanker Serviks - Kumpulan Berita Kanker Serviks, Berita Harian Pap Smear - Kumpulan Berita Pap Smear Terbaru Hari Ini

Langkah Awal Kesadaran  Kanker Serviks - Guna meningkatkan kesadaran kanker serviks, bulan ini di nilai sangat tepat sekali untuk melakukan tes skrining secara rutin seperti pap smear, dan tindak lanjut pengobatan.

Menurut Renae Kimble, selaku koordinator program pada Cancer Services Program of Niagara County, yang berafilisasi dengan Niagara Falls Memorial Medical Center, selama 30 tahun terakhir, penurunan angka kematian pada kanker serviks lebih dari 50% dikaitkan dengan tes pap smear.

Tes pap smear, menurut dia, bisa mendeteksi sel prakanker yang bisa diangkat dari leher rahim. Sel-sel yang diangkat akan diperiksa dibawah mikroskop. Jika hasil dari tes pap smear menunjukkan sel-sel abnormal yang bisa berujung pada kanker, maka dokter akan memberitahu anda.

Skrining kanker secara rutin untuk mendeteksi dini dan pengobatan tidak hanya berkontribusi terhadap hasil perawatan kesehatan yang lebih baik, melainkan juga menekan biaya perawatan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan gejala kanker serviks lebih mudah untuk diobati saat ditemukan lebih dini.

Pap smear rutin

American Cancer Societytelah merekomendasikan bahwa wanita bisa melakukan pemeriksaan dini kanker serviks pada umur 21 tahun dan tes papsmear tiap tiga tahun sekali sampai umur mencapai 65 tahun, ditulis dari Lockport Union-Sun Journal, Senin 16/012017).

Pada umur 30 tahun, wanita bisa memilih untuk memperpanjang interval wakti screening dengan tes pap smear yang mengkombinasikan dengan tes HPV (human papillomavirus) tiap lima tahun sekali. Wanita yang beresiko tinggi kanker serviks mungkin perlu lebih sering melakukan skrining.

Sebagian besar kanker serviks sendiri disebabkan oleh HPV, yang mana merupakan infeksi menular seksual umum. Beberapa gejala-gejalanya, misalnya pendarahan abnormal pada vagina (miss V), keputihan yang tidak seperti biasanya, hubungan seks yang menyakitkan, dan sakit ketika buang air kecil sekaligus pendarahan setelah hubungan seks, yang terjadi pada waktu wanita sedang masa haid atau setelah pemeriksaan panggul.

Faktor resiko lainnya ialah merokok dan mengidap virus human immunodeficiency virus (HIV/AIDS). Virus AIDS ini melemahkan sistem kekebalan tubuh bagi seseorang yang menghancurkan sel-sel penting yang melawan penyakit dan juga infeksi.

Selain itu juga, pemakaian pil KB selama lima tahun atau bahkan lebih, punya beberapa mitra seksual dan melahirkan tiga anak atau lebih.

Wanita beresiko

Anda bisa mengurangi resiko kanker serviks dengan cara tidak merokok, monogami, dan juga menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks beresiko. Setiap wanita bisa berpeluang untuk terkena kanker serviks.

Enam dari sepuluh kasus kanker serviks terjadi pada wanita diatas usia 30 tahun yang tidak melakukan tes pap smear atau tidak melakukan satu kali tes tersebut selama kurun waktu lima tahun terakhir.

Diperkirakan ada sebanyak 250 dari 900 wanita yang baru didiagnosis kanker serviks akan meninggal di New York, Amerika Serikat.

Demikian informasi Langkah Awal Kesadaran  Kanker Serviks tersebut, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan para pembaca sadar akan betapa pentingnya deteksi kesehatan sejak dini. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar