Info News

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita, 12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK), Ketahui Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Sedari Dini

Apa Saja Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih - Saluran kemih adalah saluran yang digunakan untuk membuang kotoran dari organ ginjal. Saluran kemih sendiri terdiri dari ureter, ginjal, kandung kemih dan uretra. Saluran kemih ini juga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa di infeksi meski letaknya berada didalam tubuh. Infeksi pada saluran kemih bisa menyebabkan masalah yang serius pada proses pembuangan kotoran ataupun air kencing. Karena kotoran yang ada didalam ginjal akan mengalir keluar tubuh bersama dengan air kencing. Jika saluran kemih tidak bisa digunakan dengan baik, maka proses pembuangan kotoran pun akan berjalan dengan buruk, sehingga bisa mengalami penumpukan kotoran yang bisa meningkatkan resiko untuk terjadinya masalah batu saluran kemih.

Infeksi pada saluran kemih ini disebabkan oleh bakteri. Wanita lebih memiliki potensi yang cukup besar untuk menderita masalah infeksi saluran kemih, karena anatomi tubuh mereka yang memudahkan bagi bakteri untuk masuk kedalam saluran kemih. Vagina dan dubur (anus) yang jaraknya sangat dekat-lah yang bisa meningkatkan resiko bakteri masuk dengan begitu mudahnya.

Faktor penyebab infeksi saluran kemih sendiri terjadi karena disebabkan adanya suatu bakteri yang masuk kedalam saluran kemih. Jenis bakteri yang masuk ke saluran kemih adalah bakteri E. coli yang umumnya berada didalam usus besar. Bakteri E. coli keluar secara bersamaan dengan feses melalui anus, sehingga ada kemungkinan jika memasuki organ vital wanita (vagina). Tapi potensi lebih besar untuk masuknya bakteri ini kedalam vagina jika cara membersihkan vagina mereka kurang tepat dan benar. Setelah buang air besar, maka sebaiknya membersihkan vagina terlebih dahulu, kemudian ke belakang, karena jika membersihkan bagian belakang (dubur/anus) lebih dulu, maka akan memungkinkan bakteri untuk ikut terbawa masuk ketika membersihkan vagina.

Tidak hanya kurang tepat dalam membersihkan vagina, faktor resiko bakteri masuk ke dalam saluran kemih juga bisa dialami ketika seseorang wanita menggunakan kateter. Alat bantu untuk buang air kecil yang dimasukkan kedalam tubuh ini juga biasanya digunakan oleh orang-orang sakit sebab mereka tak bisa banyak bergerak, tapi salah satu dampaknya menggunakan alat kateter dalam jangka panjang bisa menyebabkan bakteri-bakteri masuk kedalam saluran kemih dan bahkan menginfeksi. Resiko terinfeksi oleh bakteri bisa juga dikarenakan tidak normalnya struktur saluran kemih yang menyebabkan air kencing tidak terbuuang dengan baik, sehingga air kencing pun mengendap didalam uretra, maka dari itulah keadaan ini sangat beresiko untuk di infeksi oleh bakteri E. coli tersebut.

Ciri-ciri Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih sendiri lebih banyak terjadi kepada kaum wanita, khususnya wanita yang usianya sudah tidak muda atau sudah menopause. Wanita yang sudah menopause lebih mudah untuk terinfeksi saluran kemih mereka sebab hormoh estrogen mereka yang sudah menurun, sehingga keadaan vagina lebih kering, maka dari itulah mudah untuk di infeksi. Begitu juga pada wanita yang menggunakan alat KB yang berupa spermisida, menggunakan jenis alat KB bisa menyebabkan bakteri didalam vagina yang baik dan melindungi akan mati terbunuh, sehingga tidak ada perlindungan dari tubuh secara maksimal ketika bakteri-bakteri masuk kedalam vagina.

Untuk kaum pria sendiri juga bisa mengalami masalah infeksi saluran kemih jika mengalami pembengkakan prostat atau mengalami batu saluran kemih karena kondisi tersebut menyebabkan kantung air kencing tidak bisa di kosongkan dengan baik, sehingga akan menyebabkan infeksi lebih memungkinkan. Yang lebih berpengaruh lagi yang menyebabkan infeksi saluran kemih muncul yaitu orang-orang yang menderita masalah diabetes atau yang daya tahan tubuh mereka lemah. Karena itulah ada ciri-ciri infeksi saluran kemih yang akan dialami oleh penderitanya, dan dibawah ini beberapa ciri-cirinya:

  • Kencing sakit, ciri-ciri masalah infeksi saluran kemih yang pertana ialah menyebabkan kencing terasa sakit. Ketika buang air kecil terasa sakit ketika dikeluarkan.
  • Sakit dibagian perut, ciri masalah pada ISK lainnya adalah sakit dibagian perut khususnya dibagian bawah perut yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.
  • Buang air kecil terus-menerus, ciri-ciri dari infeksi saluran kemih selanjutnya yaitu merasa iingin buang air kecil terus-menerus dari biasanya.
  • Tekanan dibawah panggul, ciri ISK lainnya yaitu merasa tidak nyaman di bagian panggul khususnya pada bagian bawah, seperti tertekan.
  • Aroma air kencing menyengat, ciri-ciri masalah ISK berikutnya yaitu aroma air kencing yang berbeda dari biasanya, lebih menyengat baunya.
  • Perubahan warna pada air kencing, ciri dari masalah ISK lain ialah bukan hanya aromanya saja yang mengalami perubahan, tapi warna air kencing yang dikeluarkan pun juga berubah menjadi lebih keruh.
  • Mudah lelah, ciri-ciri masalah ISK lainnya yaitu menimbulkan rasa tidak nyaman diseluruh tubuh karena merasakan sakit dan tubuh mudah lelah ketika melakukan aktivitas.
  • Merasa tidak tuntas, ciri-ciri infeksi saluran kemih yang terakhir merasakan tidak tuntas saat setelah buang air kecil, karena merasa tidak nyaman.


Nah, demikian saja pembahasan Apa Saja Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih tersebut. Semoga anda paham akan pembahasan kali ini dan jadikanlah informasi-informasi penting ini sebagai bagian dari hidup anda karena kesehatan itu sangat penting hukumnya. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar