Info News

18 Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks - Cara mencegah penyakit kanker serviks yang paling ampuh ialah dengan melakukan test dan screening serviks untuk mengetahui kondisi dari virus HPV. Virus HPV yang menjadi faktor penyebab kanker serviks ini menyebar akibat infeksi pada kelamin yang menular melalui cara hubungan seksual.  Saat ini penyakit kanker serviks menjadi penyakit kanker yang menduduki urutan pertama dan berbahaya serta banyak di derita oleh kaum wanita didunia. Hal ini dikarenakan penyakit kanker serviks ini sangat sulit dideteksi sejak awal, dan kebanyakan kanker serviks ini diketahui setelah tumor tumbuh dalam stadium lanjutan. Tapi terjadinya kanker serviks sebenarnya bisa dicegah, berikut beberapa langkah-langkah pencegahan kanker serviks yang bisa anda lakukan:

1. Melakukan Pap Smear
Cara mencegah penyakit kanker serviks yang paling umum ialah dengan melakukan tes pap smear. Papsmear adalah sebuah alat skrining untuk mendeteksi adanya penyakit kanker serviks. Wanita seharusnya mulai melakukan tes pencegahan kanker serviks sejak usia 21 tahun. Wanita yang berusia 21-29 tahun setidaknya menerima tes pap smear setiap 3 tahun sekali.

18 Cara Mencegah Kanker Serviks (1-5 Wajib dilakukan, Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Serviks seperti Diderita Julia perez, Cara Mencegah Kanker Serviks dan Tanda-Tanda Terkena Kanker

Pengujian untuk virus HPV tidak boleh digunakan untuk skrining apabila masih dalam usia 21-29 tahun, kecuali untuk digunakan ke tahap selanjutnya yakni tes pap smear yang abnormal. Namun untuk kaum wanita yang berusia 30-65 tahun diharuskan untuk melakukan tes pap smear dan tes HPV setiap 5 tahun sekali. Wanita berisiko tinggi untuk terkena penyakit kanker serviks.

Tes pap smear adalah tindakan medis untuk memeriksa leher rahim sampai panggul rahim. Ini dilakukan supaya kanker serviks tidak menyebar luas dan mencegah sebelum kanker menjalar kebagian tubuh lainnya. Kanker serviks ini bisa ditularkan melalui hubungan intim, namun tidak berarti untuk orang-orang yang belum pernah melakukan hubungan intim (seksual) tidak terkena kanker serviks, sebab penyebabnya bukan hanya hubungan intim saja, dan wanita berpotensi untuk terkena kanker ini.

Melakukan dan memperhatikan waktu untuk melakukan pap smear yang benar:

  • Menjadwalkan waktu pap smear dengan periode menstruasi. Dianjurkan minimal 5 hari setelah siklus menstruasi berhenti.
  • Jangan menggunakan jeli atau krim lainnya pada miss V (vagina) sebelum melakukan tes.
  • Jangan melakukan hubungan intim (seks) sebelum melakukan tes.


2. Melakukan Suntik Vaksin HPV
Vaksinasi untuk penyakit kanker serviks, sebaiknya dilakukan pencegahan sejak awal sebab 70-80% kanker serviks ini disebabkan adanya infeksi virus HPV tipe 16 dan 18. Vaksin HPV ini yaitu vaksin yang tidak hidup tetapi tetap melindungi. Perlindungan dari vaksin HPV bisa sangat di harapkan bertahan lama, namun tahap vaksinasi masih membutuhkan skrining dikarenakan vaksin tidak bisa melindungi semua jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks.

18 Cara Mencegah Kanker Serviks (1-5 Wajib dilakukan, Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Serviks seperti Diderita Julia perez, Cara Mencegah Kanker Serviks dan Tanda-Tanda Terkena Kanker

HPV dibagi menjadi dua macam bagian yakni:

  • HPV yang berisiko tinggi yang menyebabkan kanker
  • HPV yang berisiko rendah yang tidak menyebabkan kanker


Memberikan vaksinasi secara rutin sangat dianjurkan sekali bagi anak perempuan yang usianya 11-12 tahun. Jenis yang direkomendasikan untuk pencegahan kutil pada kelamin bagi anak perempuan yaitu vaksin HPV4, yang juga bisa diberikan pada anak laki-laki yang usianya 9-26 tahun. Vaksin diberikan sejak usia dini karena anak perempuan mendapatkan vaksin sebelum hubungan intim (seks) pertama dan juga mereka belum mengetahui HPV. Untuk anak perempuan vaksin bisa mencegah hampir 100%.

Resiko dari vaksin HPV
Sama halnya dengan obat-obatan lainnya, vaksin HPV ini mempunyai efek samping tapi tidak menimbulkan efek samping yang cukup serius, diantaranya:

  • Demam ringan
  • Nyeri dibagian yang di suntikkan
  • Terdapat kemerahan atau bengkak pada bagian yang disuntik
  • Sedikit gatal-gatal


3. Berhenti Merokok
Merokok salah satu faktor penyebab dari kanker serviks muncul, berhenti merokok atau menghindari asap rokok merupakan salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker serviks. Bahaya rokok yang bisa menyebabkan kanker dan termasuk kanker serviks yaitu karena adanya sebuah zat yang terkandung didalam rokok terdapat ribuan zat-zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan.

18 Cara Mencegah Kanker Serviks (1-5 Wajib dilakukan, Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Serviks seperti Diderita Julia perez, Cara Mencegah Kanker Serviks dan Tanda-Tanda Terkena Kanker

Salah satu zat tersebut yaitu nikotin, tar dan juga karbon monoksida. Karbon monoksida yang ada pada rokok jika terus-menerus dihirup, maka akan mengikat hemoglobin darah pada tubuh, jika hal ini terus-terusan berlanjut maka darah pun akan kehabisan oksigen dan hal ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker yang akan menyebar pada jenis penyakit lainnya.

Faktor utama penyebab penyakit kanker serviks ialah virus HPV dan virus  ini akan memberikan pengaruh yang besar atas risiko terkena kanker serviks melalui kombinasi dengan rokok. Hal-hal yang bisa memicu kanker akibat rokok ialah:

  • Asap rokok mencegah sistem imun bagi kekebalan tubuh untuk melawan virus HPV.
  • Aktivitas virus HPV akan meningkat dengan rokok yang mempunyai sifat karsinogen.
  • Zat karsinogen yang ada pada rokok akan memicu kinerja virus HPV menjadi sel kanker.


4. Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kaum wanita yang mempunyai banyak pasangan dalam berhubungan intim berisiko besar terkena kanker serviks. Dengan berganti-ganti pasangan hubungan intim bisa berisiko besar atas penularan terhadap virus HPV. Penularan virus HPV sendiri bisa terjadi jika organ intim bertransmisi satu dengan yang lainnya jika salah satu diantaranya terinfeksi virus tersebut. Meski memakai kondol dalam berhubungan intim, hal itu tidak banyak membantu karena dengan sentuhan kulit dan bakteri yang terkandung seseorang juga bisa terjangkit virus HPV.

18 Cara Mencegah Kanker Serviks (1-5 Wajib dilakukan, Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Serviks seperti Diderita Julia perez, Cara Mencegah Kanker Serviks dan Tanda-Tanda Terkena Kanker

Beberapa ilmuan telah mempelajari efek dari virus HPV yang menular melalui hubungan seks yang menyebabkan kutil kelamin. Selain itu juga, beberapa dari virus ini bisa menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim dan kemungkinan besarnya akan berkembang menjadi serviks. Dengan penelitian yang dilakukan, ilmuan telah menyimpulkan bahwa terdapat faktor lain yang mempengaruhi kanker serviks. Pasalnya wanita yang terinfeksi oleh virus HPV tidak selalu menderita kanker serviks, begitu juga dengan kaum wanita yang menderita kanker serviks tidak selalu ditemukan virus HPV.

Dari penelitian tersebut terdapat 13 risiko tinggi virus HPV yang terkait dengan kanker serviks, yakni dengan melakukan tes pada DNA virus mengakuratkan dengan hasil analisis laboratorium dari pengumpulan sel-sel dari leher rahim.

5. Hidup Sehat
Gaya hidup sehat jauh lebih baik ketimbang hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup sehat akan terhindar dari beberapa jenis penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu jenis penyakit ringan maupun terberat sekalipun. Melakukan gaya hidup yang sehat sehari-hari dengan mengkonsumsi makanan yang sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik yang mana bisa mengurangi risiko terserang dari segala jenis penyakit. Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa cara mencegah kanker serviks yang terpenting adalah menjaga kesehatan supaya kondisi fisik tidak lemah.

18 Cara Mencegah Kanker Serviks (1-5 Wajib dilakukan, Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Serviks seperti Diderita Julia perez, Cara Mencegah Kanker Serviks dan Tanda-Tanda Terkena Kanker

6. Menggunakan Alat Kontrasepsi
Nah, ini wajib dilakukan supaya memberikan efek pencegahan yang efektif karena bisa menghindari dari infeksi virus HPV. Kontak secara langsung ketika berhubungan akan menambah resiko terkena infeksi virus HPV yang merupakan penyebab utama dari kanker serviks yang harus diwaspadai.

7. Cara Mencegah Kanker Serviks dengan Pendekatan Agama
Cara mencegah penyakit kanker serviks lainnya dengan pendekatan agama sangat penting untuk dilakukan, mengapa? Kita sama-sama mengetahui bahwa berganti-ganti pasangan merupakan salah satu faktor penyebab yang mematikan kanker serviks. Nah, dengan kesetiaan pada pasangan serta taat beragama tidak pindah-pindah pasangan sangat penting untuk menghindari kanker serviks.

Agama harus dijadikan tameng untuk memberantas penularan virus HPV tersebut, karena serviks adalah jenis kanker yang paling banyak membunuh diseluruh dunia, termasuk di negara Indonesia. Siapa saja bisa terkena jenis kanker ini.

Cara Mencegah Kanker Serviks yang Beredar di Masyarakat


  1. Hindari membersihkan alat vital dengan toilet umum, kebersihan air sangat tidak terjamin.
  2. Hindari pemakaian sabun selesai membuang air kecil atau buang air besar di area tersebut, sebab kemungkinan PH kulit dan sabun tentu berbeda.
  3. Hindari pemakaian tisu di toilet umum, sebab kemunkinan sudah tercemar berbagai virus.
  4. Ganti celana dalam secara rutin, minimal 2x sehari.
  5. Ketika haid, ganti pembalut sesering mungkin, dan usahakan maksimal 3 jam sekali, jika lagi deras bisa 2 jam sekali.
  6. Gunakan pembalut yang memakai bahan baik, berkualitas dan tidak berbau.
  7. Hindari pemakaian minum-minuman es ketika masa menstruasi.
  8. Hindari menstruasi ketika haid belum bersih.
  9. Screening rutin (tes urin).
  10. Jangan pegang area intim jika dalam kondisi tangan yang kotor.
  11. Hindari makanan-makanan yang menyebabkan lendir keputihan berlebihan seperti imun.


Demikian pembahasan tentang Cara Mencegah Kanker Serviks ini, semoga pengunjung bisa mendapatkan manfaat positif dari informasi pembahasan kesehatan terkait kanker serviks ini. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar