Info News

Faktor Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, Penyebab Infeksi Saluran Kemih - Alodokter, 4 Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita • Hello Sehat, Faktor Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Penyebab Infeksi Saluran Kemih - Infeksi saluran kemih atau juga disingkat dengan nama ISK ini bisa disebabkan oleh suatu bakteri jahat dari sistem pencernaan yang masuk ke saluran uretra.

Sebagian besar dari kasus ISK ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup didalam usus besar manusia. Diperkirakan jenis bakteri ini masuk ke uretra akibat kurang baiknya dalam melakukan suatu pembersihan setelah buang air besar maupun juga buang air kecil, misalnya saja jika kertas toilet yang digunakan untuk membersihkan anus turut menyentuh organ kelamin. Pada saat itulah jenis bakteri tersebut bisa masuk ke saluran kemih. Pada kasus yang seperti ini, wanita jauh lebih rentan untuk terkena ISK, dikarenakan jarak uretra dengan anus lebih dekat daripada tubuh seorang  pria.

ISK (infeksi saluran kemih) ini juga bisa disebabkan oleh iritasi saat setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urine oleh kondisi tertentu. Urine yang tertampung terlalu lama didalam kandung kemih bisa memberi peluang bagi bakteri-bakteri jahat untuk berkembang biak.

Berikut dibawah ini adalah kelompok orang-orang yang lebih beresiko untuk terkena infeksi saluran kemih atau ISK:

  • Penderita batu ginjal dan pria yang mengalami pembengkakan kelenjar prostat - kedua kondisi tersebut ini bisa menghalangi pengosongan urine dari kandung kemih. Hal ini akan menyebabkan urine tertampung lebih lama dan memungkinkan si bakteri jahat untuk berkembang biak.
  • Pemakai kateter atau alat bantu kencing
  • Lahir dengan kelainan struktur kemih - Mempunyai kelainan pada struktur saluran kemih, sehingga sistem pembuangan urine akan terganggu atau bahkan menyebabkan urine menumpuk di uretra. Penderita kondisi seperti ini sangat berisiko untuk terkena ISK.
  • Wanita - hal ini disebabkan oleh panjang uretra kaum wanita lebih pendek dibandingkan uretra kaum pria, sehingga bakteri-bakteri yang masuk bisa lebih mudah untuk mencapai kandung kemih. Selain itu juga, wanita yang aktif secara seksual akan lebih mudah terkena ISK.
  • Wanita yang sudah menopause - kurangnya kadar estrogen setelah menopause bisa menyebabkan perubahan lingkungan pada saluran kemih, sehingga bakteri pun lebih mudah untuk berkembang biak didalam vagina atau uretra.
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi diafragma - jenis kontrasepsi ini bisa menekan uretra dan bahkan bisa mengganggu kinerja pengosongan urine.
  • Wanita yang pasangannya menggunakan kondom berlapis spermisida - zat ini bisa membunuh bakter yang baik, sehingga bakteri jahat pun akan mudah untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi.
  • Wanita yang sedang hamil
  • Penderita diabetes
  • Orang yang baru melakukan prosedur operasi pada saluran kemihnya
  • Orang yang sistem kekebalan tubuhnya remdah


Demikianlah informasi terkait dengan Penyebab Infeksi Saluran Kemih tersebut. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bisa anda pahami dan diingat untuk ke depannya karena kesehatan itu sangat penting bagi kehidupan seluruh umat manusia. Terima kasih banyak dan anda boleh juga membaca artikel tentang Gejala Infeksi Saluran Kemih yang masih berkaitan dengan pembahasan artikel diatas ini...

Tidak ada komentar