Info News

Faktor Penyebab Depresi yang Akan Dialami Seseorang

Depresi - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter, Penyebab Depresi - Alodokter, 10 Hal Tak Terduga Penyebab Depresi

Penyebab Depresi - Penyebab spesifik dari depresi tidak diketahui dan faktor pemicu munculnya gangguan depresi bisa berbeda-beda pada tiap penderitanya. Kombinasi beberapa faktor penyebab mengakibatkan munculnya depresi, antara lain genetik, lingkungan, biologis dan juga faktor psikologis. Depresi biasanya tidak disebabkan oleh satu kejadian saja, lho!

Depresi bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi resiko mengalami depresi meningkat seiring dengan bertambahnya usia. (Baca juga : Tips Pengobatan Depresi)

Berikut ini beberapa faktor resiko yang bisa memicu terjadinya depresi, antara lain:

  • Kejadian yang menimbulkan trauma.
  • Banyak sekali kejadian-kejadian yang bisa mengakibatkan depresi. Orang terkadang membutuhkan waktu lam untuk menerima kejadian yang menimbulkan trauma. Jika seseorang tidak bisa menerimanya, maka orang tersebut akan lebih beresiko mengalami depresi. Beberapa contoh kejadiannya ialah penyiksaan atau pelecehan, kematian seseorang yang dikasihi, masalah dalam hubungan seperti persahabatan, pernikahan, keluarga, rekan kerja dan percintaan, kesepian akibat terisolasi dan kesulitan ekonomi.


Penyakit serius.
Terkadang depresi juga muncul secara bersamaan atau sebagai reaksi dari penyakit yang serius. Beberapa jenis penyakit kronis dan mengancam nyawa bisa meningkatkan resiko terjadinya depresi. Contohnya seperti HIV/AIDS, diabetes, penyakit jantung koroner dan kanker.

Kepribadian.
Merasa rendah diri, terlalu kerasa dalam menilai diri sendiri serta ketergantungan pada orang lain juga bisa berakibat pada munculnya depresi. Kepribadian seperti inilah bisa diturunkan dari orang tua. Pengalaman yang dialami dan cara asuhan orang tua juga berperan penting dalam kepribadian seseorang.

Faktor keturunan atau riwayat kesehatan keluarga.
Terdapat keluarga yang mempunyai sejarah depresi, kecanduan alkohol, gangguan bipolar, dan kecenderungan bunuh diri bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan depresi.

Setelah melahirkan.
Perubahan hormon dan fisik pada kaum wanita setelah melahirkan juga sangat berpengaruh dalam pola pikir wanita tersebut. Ditambah dengan adanya penambahan tanggung jawab dan juga kehidupan baru karena adanya sang bayi bisa meningkatkan resiko terjadinya depresi pascakelahiran.

Minuman keras dan narkoba.
Banyak orang-orang yang berusaha melarikan diri dari permasalahannya dengan cara minum-minuman yang beralkohol atau juga menggunakan narkoba. Justru, penting untuk anda ketahui bahwa minuma yang beralkohol dianggap sebagai obat depresan kuat, sehingga memicu dan memperparah depresi yang dialaminya.

Obat-obatan tertentu.
Beberapa jenis obat-obatan juga bisa meningkatkan resiko anda untuk terkena depresi. Misalnya saja obat tidur, obat untuk mengatasi jerawat, obat untuk hipertensi, dan kortikosteroid. Tanyakan kepada sang dokter mengenai efek samping dari obat-obatan dan jika anda ingin berhenti mengkonsumsi obat, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

Baca artikel terkait : Gejala Depresi yang Belum Banyak Disadari Seseorang

Itu saja informasi tentang Penyebab Depresi tersebut. Mungkin informasi yang dibahas dalam artikel ini bisa memberikan sedikit tambahan pengetahuan terkait kesehatan dan gejala-gejala serta faktor penyebab penyakit tersebut. Terima kasih banyak...

Tidak ada komentar