Info News

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Mencegah Infeksi Saluran Kencing pada Wanita, 11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional, Pencegahan Infeksi Saluran Kemih, Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih - Setiap hari manusia pasti makan dan juga minum, makan dan minum tersebut masuk ke saluran sistem pencernaan untuk mendapatkan nutrisi, sehingga bisa diberikan keseluruh organ-organ didalam tubuh. Makan dan minuman yang telah di cerna tubuh sudah tidak terpakai dan akan menjadi kotoran, dan kotoran tersebut bisa berupa feses atau air kencing (urin). Jika kotoran feses akan dibuang melalui, tapi jika air kencing mempunyai saluran lain yakni ke uretra yang sebelumnya masuk kedalam ginjal, ureter dan juga kandung kemih, lalu akan berujung ke uretra.

Proses pembuangan air kencing tersebut akan selalu seperti itu ketika cairan masuk kedalam tubuh dari minuman. Namun terkadang juga proses tersebut bisa terhambat dikarenakan oleh suatu gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan pada saluran kemih atau saluran kencing yang bisa terjadi kepada siapa saja jika ada bakteri yang masuk ke salah satu bagian saluran kencing. Maka dari itulah gangguan kesehatan yang dikenal dengan sebutan nama infeksi saluran kemih.

Penyakit infeksi saluran kemih ini hanya bisa dialami apabila bakteri masuk kedalam tubuh, sangat rentan sekali bakteri masuk kedalam tubuh dikarenakan saluran yang memang dekat dengan pembuangan feses yang terutama kaum wanita. Karena hal itulah penyakit ISK ini bisa terjadi begitu mudahnya. Gangguan ISK ini memang lebih banyaknya dan lebih mudah dialami oleh kaum wanita mengingat saluran pembuangan air kencing dan juga feses kaum wanita berdekatan.

Selain itu juga, penyakit ISK bisa dialami karena proses pembersihan organ vital yang salah, maka dari itulah bakteri bisa masuk ke saluran kemih. Penyebab infeksi saluran kemih ini juga bisa dialami jika sedang mengalami masalah perubahan hormon, seperti masa menopause yang bisa mengakibatkan berkurangnya tidak tingkat kelembapan sehingga akan bisa lebih mudah untuk terinfeksi.

Masalah genetik yang menyebabkan saluran kencing tak bisa berfungsi dengan normal juga bisa memicu terjadinya penyakit infeksi saluran kemih. Iritasi yang terjadi oleh vagina, karena pemakaian kondom pun juga bisa mengakibatkan masalah infeksi saluran kemih.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

1. Membersihkan organ vital dengan baik dan benar
Cara mencegah penyakit infeksi saluran kencing yaitu dengan membersihkan organ vital yang baik dan benar. Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk membersihkan organ vitalnya, tapi cara yang paling baik dan benar yaitu pada saat anda setelah buang air kecil atau buang air besar, membersihkan dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya.

2. Minum air putih
Selain dengan cara membersihkan yang tepat, cara lain untuk mencegah penyakit infeksi saluran kemih ini bisa dengan minum air putih secukupnya. Jika anda ingin terhindar dari masalah infeksi saluran kemih, maka banyak-banyaklah minum air putih untuk menjaga kesehatan organ saluran kencing. Dengan demikian jika ada sedikit hal yang aneh didalam saluran kencing maka bisa langsung dikeluarkan dengan air putih yang mendorongnya ke luar tubuh.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Jika daya tahan tubuh melemah sangat mudah sekali untuk terinfeksi bakteri, karena itulah cara untuk mencegah infeksi saluran kemih ini dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik, sehingga tidak akan ada lagi infeksi-infeksi yang terjadi dengan banyak makan sehat, minum vitamin dan juga rajin olahraga.

4. Ganti alat KB
Alat KB juga bisa memicu infeksi saluran kemih, jika anda ingin melakukan cara mencegah infeksi saluran kemih bisa dengan menghindari alat KB berupa kondom atau pestisida untuk sperma.

Nah, itulah Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih yang sudah kami bahas dalam artikel ini. Mudah-mudahan isi pembahasannya bermanfaat dan berguna bagi anda dan masyarakat lainnya. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar