Info News

Cara Alami Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih

8 Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing, 6 Cara alami Mengobati Infeksi Saluran Kemih, 11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional, Cara Alami Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Cara Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih - Anda sering sekali buang air kecil atau alias beser, berkemih terasa tidak tuntas, atau juga nyeri di perut bagian bawah merupakan tiga gejala infeksi saluran kemih yang paling umum terjadi. ISK atau infeksi saluran kemih adalah jenis infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang mana terdiri dari ureter, ginjal, kandung kemih dan juga uretra. Infeksi ini bisa terjadi pada salah satu bagian organ kemih atau beberapa bagian sekaligus. Umumnya infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan E. Coli. Tapi, tidak menutup kemungkinan ISK disebabkan juga oleh jamur dan virus.

Infeksi saluran kemih bisa menyerang siapa saja, tetapi paling sering korbannya yaitu kaum wanita. Penyebab infeksi saluran kemih pada wanita ialah karena saluran kemih kaum wanita sangat pendek, hanya sekitar 2-2,5 cm saja. Dan sementara kaum pria memiliki saluran kemih lebih panjang, sehingga lebih terlindungi dari kuman dan bakteri.

Umumnya, ISK ini diterapi dengan pemberian antibiotik, minum banyak air putih serta menjaga kebersihan area intim. Minum yang banyak serta menjaga kebersihan adalah wajib hukumnya, tapi mengkonsumsi antibiotik bisa ditunda dan digantikan dengan sebuah pengobatan alami.

Obat Alami
Menurut Dr. Andrew Weil, medical doctor dan sekaligus pendiri Arizona Center for Integrative Medicine, pengobatan alami jauh lebih aman bagi anda maupun juga bagi para penderita infeksi saluran kemih lainnya.

Buah cranberry, baik itu dalam bentuk aslinya, jus ataupun juga bentuk pil suplemen bisa membantu penderita infeksi saluran kemih. Sebuah penelitian yang dilansir oleh Cochrane Library (January 2008) telah menunjukkan bahwa cranberry ini mengandung zat senyawa yang bisa membuat bakteri sulit untuk melekat pada dinding kandung kemih, sehingga menurunkan resiko penyakit ISK. Minumlah sebanyak delapan sampai enambelas ons jus cranberry tanpa gula atau juga konsumsi sebanyak 500 mg ekstrak cranberry setiap hari.

Selain itu juga, anda bisa menambahkan asupan probiotik pada menu makan harian anda sehari-hari. Probiotik merupakan suplemen yang mengandung bakteri yang berguna dengan asam laktat bakteri. Penelitian telah menyatakan bahwa kaum wanita yang rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung probiotik lebih jarang untuk terkena infeksi saluran kencing (kemih), mempunyai kesehatan yang baik, seimbang serta mengurangi populasi bakteri jahat didalam usus.

Kebutuhan probiotik bisa diperoleh dari produk susu, misalnya seperti kefir, yogurt, keju dan juga kemasan yang berbentuk tablet ataupun pil yang dijual di pasaran.

Supaya ISK tidak datang lagi, pastikan diri anda untuk melakukan kebiasaan berikut ini:

  • Jangan menunda berkemih.
  • Bersihkan organ intim, caranya dari depan ke belakang, hindari pemakaian produk pembersih organ intim yang mengandung wewangian.
  • Biasakan diri untuk menghindari uretra (saluran kemih) teriritasi oleh bakteri.
  • Tetap teruskan kebiasaan untuk meminum air putih secukupnya. Dengan membuang air kencing sesering mungkin, maka akan bisa mencegah bakteri untuk berkembangbiak didalam kandung kemih. Bakteri tersebut bisa dikeluarkan secara bersamaan dengan urin.


Demikian pembahasan tentang Cara Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih. Mudah-mudahan anda suka dan tertarik dengan pembahasan mengenai tips kesehatan yang satu ini. Apabila anda memiliki gejala-gejala yang disebutkan seperti di atas, alangkah baiknya segeralah berkonsultasi ke dokter. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar