Info News

8 Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kemih

8 Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing • Hello Sehat, 6 Cara alami mengobati infeksi saluran kemih, 11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional

Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing - Infeksi saluran kencing atau juga yang biasa disebut "urinary tract infection" disebabkan oleh bakteri-bakteri yang berkembang didalam saluran kencing. Infeksi saluran kencing atau ISK bisa terjadi pada seorang laki-laki maupun juga perempuan, tapi perempuan lebih rentan untuk terkena infeksi jenis ini, dan sementara untuk lelaki lebih cenderung kebal. Berdasarkan 'National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK)', bakteri yang menyebabkan ISK adalah escherichia coli atau E. coli yang biasanya berada di usus besar. Klamidia dan juga mycoplasma bisa menyebabkan infeksi saluran kencing / kemih. Perbedaannya yaitu jika bakteri E. coli ini ditemukan di usus besar, klamidia disebabkan oleh penyakit menular seksual.

Apa saja faktor penyebab infeksi saluran kandung kemih?
Ada beberapa pemicu yang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing, diantaranya ialah:

  • Adanya suatu penghalang atau yang menghalang-halangi saluran kencing, misalnya saja seperti batu ginjal.
  • Adanya kesulitan untuk mengeluarkan semua urine yang terdapat pada kandung kemih.
  • Pemakaian alat kontrasepsi seperti kondom dan diafragma.
  • Sistem daya tahan tubuh yang lemah disebabkan penyakit atau kemoterapi.
  • Pada laki-laki, bisa juga dipicu oleh pembesar kelenjar prostat.


Apa saja gejala infeksi saluran kencing?
Seperti pada penyakit lainnya, infeksi saluran kemih juga memiliki beberapa gejala. Berikut dibawah ini adalah gejala-gejala infeksi saluran kemih yang perlu diperhatikan:

  • urine yang berwarna keruh atau bahkan berdarah.
  • Keluarnya bau yang tidak enak dari urine tersebut.
  • Keinginan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  • Adanya kram dibagian perut bawah.
  • Demam hingga 38 derajat Celcius.
  • Adanya perasaan gelisah atau kebingungan.


Pengobatan alami apa saja yang bisa dilakukan untuk infeksi saluran kencing?
Selain pengobatan secara medis, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing, seperti:

1. Minum air putih
Minum air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi sebuah langkah awal untuk mengobati infeksi saluran kencing. Atau Anda bisa juga berkonsultasi ke dokter tentang berapa gelas air putih yang harus dikonsumsi setiap harinya. Faktanya, delapan sampai sepuluh gelas per hari bisa membantu menghilangkan bakteri melalui urin yang dikeluarkan. Jika Anda memiliki penyakit seperti batu ginjal, sebaiknya didiskusikan dengan dokter Anda tentang berapa gelas air putih yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Jika Anda telah terkena infeksi saluran kencing, sebaiknya Anda mengurangi minum-minuman yang berwarna dan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan juga soda. Kafein bisa memperparah infeksi saluran kencing. Selain kafein, Anda juga harus menghindari minum-minuman beralkohol, minuman manis, jus jeruk, jus lemon, jeruk nipis, dan juga anggur.

2. Jangan menahan buang air kecil
Usahakan anda untuk memantau kapan harus buang air kecil. Jangan pernah  menahan-nahan ketika ingin buang air kecil, karena menahan buang air kecil bisa menyebabkan bakteri semakin berkembang didalam kandung kemih. Selain itu juga, yang perlu diperhatikan yaitu Anda harus buang air kecil setelah berhubungan seks dengan pasangan Anda, hal ini dilakukan guna mengurangi resiko bakteri yang masuk lebih dalam ke saluran kencing.

3. Meminum jus cranberry
Jus cranberry bisa menjadi cara pengobatan yang alami untuk infeksi saluran kencing. Jus cranberry ini diketahui mengandung fruktosa dan juga monosaccharide yang baik untuk kesehatan. Bisa juga dengan cara meminum ataupun memakan yang mengandung D-Mannose. D-Mannose sendiri adalah sejenis gula atau glukosa. D-Mannose bisa diperoleh dari buah apel, berry, dan persik. Pengobatan dengan jus cranberry ini sudah ditemukan pada tahun 1920-an, untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kandung kemih. Berdasarkan Cochrane meta-analysis oleh Jepson dan Craig pada jurnal Cranberry-Containing Products for Prevention of Urinary Tract Infections in Susceptible Populations tahun 2012, ditemukan bahwa zat senyawa pada cranberry mampu mengurangi beberapa gejala infeksi saluran kencing.

4. Mengkonsumsi vitamin C
Anda memang diminta untuk tidak meminum-minuman seperti jeruk, tapi Anda bisa menemukan vitamin C pada buah-buahan yang berwarna hijau atau juga Anda bisa mengkonsumsi tomat, buah yang paling sangat mudah ditemukan. Ketika Anda mengkonsumsi vitamin C, ini akan membuat urin Anda asam dan hal ini sangat baik untuk mengurangi bakteri-bakteri  yang menyebabkan infeksi saluran kencing.

5. Gunakan kompres panas
Bantal kompres panas bisa ditemukan di toko-toko yang menjual alat-alat kesehatan. Menurut Dr. Rivers yang dikutip dari Everyday Health, menggunakan bantal panas bisa meringankan rasa perih ataupun sakit pada area kandung kemih. Cara menggunakannya yaitu dengan tidak mengaplikasikannya langsung ke kulit, gunakanlah kain sebagai pemisah. Gunakan hanya untuk waktu 15 menit saja untuk menghindari rasa terbakar.

6. Gunakan pakaian yang nyaman
Gunakanlah pakaian dengan bahan yang bisa membuat kulit bernapas, misalnya seperti celana dalam katun, celana longgar bukan celana jeans, baju yang longgar, hal semacam ini diperlukan supaya tidak terasa lembap sehingga bakteri yang ‘hinggap’ pun berkurang.

7. Perhatikan kebersihan area kandung kemih
Selalu memperhatikan kebersihan sanitasi yang dipakai. Tidak menggunakan spray ataupun sabun pembersih kewanitaan, bilas area genital dengan cara dari depan sampainke belakang, lalu keringkan. Hal ini untuk menghindari kuman-kuman yang berpindah tempat ke saluran kencing. Ketika mandi, alangkah baiknya menggunakan shower daripada berendam di bathtub. Gunakanlah sabun yang fragrance-free

8. Gaya hidup sehat
Ganti gaya hidup Anda misalnya seperti makanan yang dikonsumsi sehari-hari, sebaiknya lebih sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Lebih sering mengkonsumsi air putih dibandingkan minuman berasa selain jus, ataupun minuman kemasan. Tidak suka merokok. Selalu menjaga kebersihan pakaian yang akan digunakan sangat penting. (Baca artikel lainnya : Cara Efektif Mengobati Infeksi Saluran Kemih)

Demikian informasi terkait dengan Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing ini, mudah-mudahan bermanfaat dan semoga para pembaca suka dengan pembahasan dalam artikel ini. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar