Info News

Pengertian Tentang Progesteron

Pengertian dan Fungsi Hormon Progesteron - Anatomi Fisiologi, Pengertian dan Fungsi Hormon Progesteron Lengkap, Progesteron | Kamus Kesehatan

Penjelasan Tentang progesteron - Progesteron sangat penting sekali bagi fungsi sistem reproduksi kaum wanita karena progesteron merupakan hormon pada kelamin wanita yang terjadi secara alami. Saat menopause, jumlah progesteron yang dihasilkan kaum wanita akan berkurang. Bagi kaum wanita yang telah menopause, progesteron sangat berguna membantu dalam mencegah perubahan didalam rahim. Bagi wanita yang belum memasuki massa menopause, progesteron digunakan untuk mengatur siklus menstruasi serta mengatasi gangguan menstruasi yang berhenti secara tidak normal.

Progesteron diproduksi oleh ovarium dan juga oleh plasenta saat hamil. Tingkat progesteron pada seorang wanita hamil jauh lebih tinggi 10 kali lipat ketimbang wanita yang tidak sedang hamil. Progesteron hadir dalam beberapa formulasi untuk manfaat-manfaat ginekologi yang berbeda. Formulasi progesteron sendiri antara lain yaitu gel, obat suntik, pessary dan juga kapsul.

Peringatan:

  • Bagi kaum wanita hamil dan juga menyusui, tanyakan kepada dokter mengenai pemakaian obat.
  • Harap berhati-hatilah bagi penderita tekanan darah tinggi, epilepsi, asma, migrain, diabetes, penyakit jantung, kanker, ginjal, hati, jika mengalami penggumpalan darah, porfiria, pendarahan di vagina diluar massa menstruasi atau juga masalah saat hamil seperti gatl-gatal dan penyakit kuning.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segeralah temui dokter.


Mengkonsumsi Progesteron dengan Benar
Ikuti anjuran dokter dan juga baca informasi yang sudah tertera pada kemasan progesteron sebelum menggunakannya. Progesteron bisa mempengaruhi kadar gula dalam darah, bagi penderita penyakit diabetes disarankan untuk lebih sering memeriksakan kadar gula darahnya. Sebaiknya hindarilah merokok dan batasi juga mengkonsumsi alkohol ketika menggunakan progesteron.

Progesteron biasanya diberikan bersama hormon estrogen bagi wanita yang memakai obat kedua obat ini setelah menopause. Ikuti anjuran dokter mengenai penggunaan kedua obat tersebut. Bagi yang tidak sengaja melewatkan jadwal aturan minumanya, disarankan untuk segera meminum obat begitu teringat. Namun jangan mengganti dosis yang terlewatkan dengan menggandakan dosis progesteron yang diminum berikutnya.

Pastikan anda selalu memeriksakan diri ke dokter secara teratur selama anda mengkonsumsi obat progesteron supaya dokter bisa memonitor perkembangan kondisi anda. Dan lakukan pemeriksaan kanker payudara dan juga kanker serviks secara teratur.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Progesteron
Semua jenis obat progesteron berpotensi menyebabkan efek samping. Namun gejala akibat dari efek samping umumnya reda setelah tubuh menyesuaikan diri. Yang terpenting, berik tahu dokter apabila anda bermasalah dengan obat-obatan yang anda kondumsi. Efek samping yang umum terjadi akibat mengkonsumsi obat-obatan jenis progesteron yaitu:

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Payudara terasa nyeri
  • Pusing atau mengantuk
  • Perubahan berat badan
  • Sulit tidur
  • Perubahan dalam pertumbuhan rambut
  • Menstruasi tidak teratur
  • Perubahan gairah seksual
  • Perubahan suasana hati


Jika anda mengalami efek samping yang cukup menganggu atau reaksi alergi, maka segeralah hubungi dokter. Nah, semoga bermanfaat artikel tentang pembahasan mengenai Penjelasan Tentang progesteron tersebut. Terima kasih banyak dan kunjungi terus website kesehatan ini....

Tidak ada komentar