Info News

Pengertian Tentang Menorrhagia

Menorrhagia - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter, Menorrhagia - Gejala, penyebab dan mengobati - AsmaraKu, Penyebab Menorrhagia - News Medical

Penjelasan Tentang Menorrhagia - Menorrhagia atau haid berlebihan ialah keluarnya darah menstruasi yang secara berlebihan atau dalam jumlah yang terlampau banyak sekali. Selama massa siklus menstruasi, jumlah rata-rata darah yang akan dikeluarkan sekitar 30-40 ml. Seorang wanita yang dianggap mengalami haid berlebihan apabila kuantitas darah yang dikeluarkannya kisaran antara 60-80 ml.

Tetapi sebenarnya jumlah darah tersebut tak bisa dijadikan sebagai patokan pasti, sebab jumlah darah menstruasi pada tiap wanita itu berbeda-beda. Tapi, untuk memudahkan anda sebagai seorang wanita mengenali kondisi seperti ini, maka perhatikan indikasi-indikasi tertentu, misalnya seperti banyaknya jumlah pembalut yang anda habiskan atau juga seringnya darah menstruasi yang menembus pakaian anda karena tidak tertampung oleh pembalut.

Dari indikasi tersebut itu anda bisa membandingkannya dengan siklus menstruasi yang sebelumnya biasa anda lalui. Jika anda khawatir akan mengalami haid yang secara berlebihan, maka sebaiknya anda segera temui dokter.

Gejala menorrhagia
Selain terlalu banyaknya darah yang telah dikeluarkan, haid yang berlebihan juga bisa disertai dengan gejala-gejala lainnya seperti rasa nyeri. Umumnya dikenal dengan istilah rasa nyeri atau kram menstruasi, yang mana dalam bahasa medisnya dikenal dengan sebutan nama dismenore. Dismenore ini umumnya terjadi saat dinding rahim berkontraksi dan juga menekan pembuluh darah disekitarnya. Sehingga akibatnya pasokan oksigen pun terhenti dan menyebabkan munculnya rasa nyeri tersebut.

Meskipun tak selalu menjadi pertanda suatu kondisi yang cukup serius, haid yang berlebihan bisa mengganggu kehidupan sehari-hari seorang wanita yang mengalaminya, baik itu secara emosi, psikis atau juga sosial.

Penyebab menorrhagia
Ada sejumlah kondisi yang cukup berpotensi menyebabkan seorang wanita mengalami haid berlebihan, dan diantaranya yaitu fibrosid rahim, polip endometrium, endometriosis dan juga penggunaan KB spiral atau IUD (Intrauterine Contraceptive Devices).

Selain keempat kondisi diatas, beberapa lainnya yang juga mungkin bisa menyebabkan haid yang berlebihan ialah:

  • Sindrom ovarium polikistik
  • Penyakit radang panggul
  • Adenomiosis
  • Gangguan pembekuan darah
  • Hipotiroidisme


Sedangkan untuk penyebab kasus haid yang berlebihan yang sangat jarang sekali ditemui yaitu kanker rahim.

Diagnosis menorrhagia
Dioagnosis menorrhagia ini biasanya bisa dilakukan dokter dari gejala-gejala yang ada. Untuk dapat memperoleh keterangan seputar gejala-gejala yang dirasakan oleh pasien, dokter pun akan menanyakan seberapa banyakkah darah yang dikeluarkan si pasien dan berapa lama massa menstruasi yang biasa dialami si pasien. Selain itu juga, dokter akan bertanya kepada pasien tentang seberapakah sering mereka mengganti pembalutnya dan apakah si pasien merasakan gejala-gejala lain seperti nyeri panggul, nyeri setelah berhubungan seksual atau ada tidaknya pendarahan diantara jadwal haid bulanan mereka.

Pemeriksaan lebih lanjut pun biasanya dilakukan tergantung hasil pemeriksaan awal dan riwayat kesehatan si pasien itu sendiri. Apabila dokter mencurigai ada kondisi lain yang menyebabkan si pasien mengalami haid berlebihan, maka pemeriksaan lanjutan pun perlu dilakukan seperti diantaranya:

  • Pemeriksaan darah
  • Pemeriksaan area panggul dibagian dalam
  • Biopsi
  • USG


Pengobatan menorrhagia
Selain menurunkan atau juga menghentikan volume pendarahan yang cukup banyak dan mencegah terjadinya anemia defisiensi besi, maka pengobatan menorrhagia juga bertujuan guna meningkatkan kualitas hidup si penderitanya.

Tetapi jika dokter tidak mencurigai adanya masalah yang serius menyebabkan menorrhagia, maka pengobatan pun tidak diperlukan.

Ada dua cara pengobatan menorrhagia, yakni melalui obat-obatan dan juga operasi. Obat-obatan sering dijadikan pilihan utama yang terutama jika pemeriksaan masih berjalan dan belum juga menunjukkan hasil yang pasti mengenai faktor penyebab menorrhagia. Dokter bisa memberikan obat apabila pasien tidak merasakan gejala-gejala apa pun yang mengarah pada kondisi yang serius.

Nah, sepertinya itu saja dulu informasi terkait dengan Penjelasan Tentang Menorrhagia tersebut. Mungkin selanjutnya kami akan membahas artikel yang masih tetap berkaitan dengan siklus menstruasi wanita. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar