Info News

Kapan Kista Jinak bisa Berpotensi Menjadi Ganas?

Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas? - Alodokter, Kista Berpotensi Menjadi Ganas ( Kanker ), Kapan ? - Blogherbal.com, Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas? | OBAT HERBAL KISTA

Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas? - Kebanyakan kista ovarium itu tidak berbahaya. Akan tetapi, karena kehadirannya yang seringkali tidak terdeteksi selalu membuat kista ovarium yang tadinya jinak bisa berubah menjadi ganas.

Lantas, apa saja ciri-ciri kista jinak yang berpotensi menjadi kista ganas?

Kista ovarium ini adalah sebuah kantung yang berisi cairan tumbuh di indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bahkan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa adanya sebuah perawatan khusus. Kehadirannya pun seringkali tidak disertai dengan gejala.

Gejala kista baru dirasakan saat kista sudah membesar, pecah atau juga menutupi suplai darah ke ovarium. Jika sudah memasuki tahap seperti yang disebutkan tadi, anda akan merasakan gejala-gejala antara lain seperti:
  • Perut kembung
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Sering buang air kecil
  • Mual, muntah dan nyeri payudara seperti saat anda rasakan ketika massa kehamilan
  • Gangguan sistem pencernaan atau juga mudah kenyang padahal hanya makan sedikit
  • Nyeri saat buang air besar
  • Nyeri sebelum menstruasi datang atau sebelum menstruasi berakhir
  • Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual

Jenis-jenis Kista Ovarium

Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium itu tidak bersifat kanker. Kista yang berkaitan dengan siklus menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat sekitar 24% kasus. Kista fungsional umumnya tak perlu pengobatan sebab akan hilang dengan sendirinya. 70% kista ovarium berpotensi menyebabkan penyakit tetapi jinak. Terakhir, jenis kista ganas. Sekitar 6% kista yang ditemukan pada ovarium ialah ganas dan mempunyai sel kanker.

Kista fungsional
Kista fungsional terbagi menjadi dua yakni kista folikel dan juga kista korpus luteum. Kehadirannya merupakan suatu bagian dari siklus menstruasi pada penderitanya. Umumnya kista jenis yang satu ini tidaklah menimbulkan rasa sakit apapun dan bahkan bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan kemudian tanpa harus melakukan perawatan yang khusus.

Kista jinak
Berbeda dengan jenis kista fungsional. Kista jinak ini tidak berhubungan dengan menstruasi. Jenis kista yang ini ada banyak dan diantaranya ialah kista dermoid, kista endometrioma, kista cysadenoma dan kista-kista lainnya. Setiap kista jinak berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium. Oleh karena itulah, umumnya diangkat melalui operasi atau juga dipantau secara berkala, sebab ada yang bisa hilang tanpa penanganan medis.

Kista dermoid lebih cenderung terjadi pada kaum wanita muda. Kista jenis ini bisa hilang dengan sendirinya jika ukurannya masih kecil. Kista ini jarang berkembang menjadi kanker. Berbeda dengan kista cystadenoma dan kista endomentrioma. Kedua jenis tersebut memang tergolong jinak. Akan tetapi, keduanya berpotensi mempunyai sel kanker.

Kista ganas
Kista jenis ini mengandung sel-sel kanker yang bisa menyebabkan kanker ovarium. Pada umumnya, jenis kista ganas itu terdiri dari kista jinak yang berubah jadi ganas dikarenakan terlambat untuk diobati.

Bagaimana Cara Mendeteksi Kista Ganas?

Ada tiga cara yang bisa membantu anda mengetahui apakah kista yang anda miliki itu berpotensi menyebabkan kanker atau tidak.
  • Status menopause. Seorang wanita yang sudah menopause berpotensi lebih tinggi untuk memiliki kista yang bersifat  kanker. Menopause sendiri didefinisikan sebagai berhentinya siklus menstruasi pada seorang wanita. Umumnya hal semacam ini terjadi kepada wanita yang usianya 50 tahunan.
  • Tes darah CA-125. Kadar CA-125 pada seorang penderita penyakit kanker ovarium umumnya sangat tinggi. Anda berpotensi memiliki kista yang sifatnya kanker jika kadar CA-125 anda tinggi. Akan tetapi, ini tak bisa menjadi satu-satunya Kadar CA-125 kaum wanita juga bisa meningkat saat mereka menstruasi, hamil atau bahkan memiliki kista jinak.
  • Ultrasonografi atau USG. Cara yang satu ini bisa digunakan untuk mendeteksi jenis, ukuran serta letak kista. Selama pemeriksaan, sang dokter akan menempatkan alat-alat USG pada perut dan selama itu isi rongga panggul anda bisa terlihat di sebuah layar monitor.

Anda tak bisa memakai satu cara saja guna mendeteksi apakah kista bersifat kanker atau tidak. Ketiga hal diatas tersebut perlu dipertimbangkan secara bersamaan guna menentukan langkah penanganan selanjutnya untuk kista anda. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin demi mengetahui perkembangan kista anda.

Nah, itu saja sekilas informasi tentang Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas? tersebut. Semoga bermanfaat dan ingatlah, jaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Terima kasih banyak kunjungannya...

Tidak ada komentar