Info News

Inilah Ciri-ciri Keputihan yang Berbahaya

Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya, Ciri Ciri Keputihan Tidak Normal Pada Wanita, Kenali Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya - Alodokter

Ciri-ciri Keputihan yang Berbahaya - Hampir setiap kaum wanita pernah mengalami masalah keputihan. Kebanyakan wanita Indonesia menganggap bahwa keputihan itu sebagai sesuatu yang lumrah terjadi pada setiap kaum wanita. Namun demikian, harus dilihat terlebih dahulu kondisi keputihan itu sendiri.

Keputihan Wanita

Keputihan adalah sebuah cairan yang keluar dari organ intim kewanitaan (vagina/miss V) yang bukan darah. Mungkin luekorea atau keputihan ini merupakan suatu gejala yang paling seringkali dijumpaia pada penderita ginekologik, adanya gejala seperti ini diketahui penderita karena mengotori pakaian atau celananya. Perlu diketahui bahwa pada massa dewasa vagina lebih tahan terhadap infeksi, pada massa prapubertas dan setelah massa menopause vagina lebih peka terhadap infeksi.

Keputihan terbagi dua macam jenis yakni keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal bisa ditemukan pada waktu sebelum atau sesudah haid, waktu sekitar ovulasi, perangsangan seksual dan juga stres.

Terjadinya keputihan pada miss V wanita dewasa terdapat bakteri-bakteri yang baik, yang mana disebut dengan basil doderlein. Dalam keadaan yang normal jumlah basil cukup dominan dan membuat lingkungan miss V bersifat asam, sehingga miss V memiliki daya proteksi yang cukup kuat. Meskipun demikian, miss V juga mengeluarkan sejumlah cairan yang berguna buat melindungi diri dari adanya infeksi.

Ciri Ciri Keputihan Wanita
Ciri-ciri keputihan wanita yang berbahaya jika memiliki gejala atau juga tanda-tanda keputihan yang tidak normal, seperti:
  • Keluarnya cairan keputihan yang sangat berlebihan, seperti keluarnya darah ketika massa siklus menstruasi datang.
  • Cairan keputihan yang keluar berstruktur kental serta menimbulkan bau yang tak sedap.
  • Cairan keputihan terkadang menimbulkan rasa gatal-gatal dan rasa tidak nyaman disekitar organ kewanitaan.
  • Warna cairan keputihan yang keluar berwarna hijau atau kuning.
  • Timbulnya rasa panas disekitar vagina.

Supaya ciri-ciri keputihan yang berbahaya tak menimbulkan masalah lebih serius, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan supaya bisa diobati secara medis. Selain obat medis, keputihan ini juga bisa diobati dan dicegah secara alami dengan cara menggunakan herbal atau tanaman obat seperti, kunci pepet, temu putih, daun sirih, kunyit, daun dewa, temulawak, mahkota dewa, pegagan atau obat racikan herbal ladyfem. Sebelum anda menentukan tanaman mana yang nanti akan digunakan harus dipastikan terlebih dahulu penyebabnya lalu konsultasi dengan herbalis yang terpercaya.

Banyak hal-hal yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami keputihan tidak normal atau ciri-ciri keputihan yang berbahaya. Di dalam miss V bukanlah tempat yang steril, banyak sekali kuman dan bakteri yang hidup didalam sana. Akan tetapi kuman atau flora yang normal didalam miss V bisa membantu untuk menjaga tingkat keasaman seharusnya ialah 3,5-5,5. Penyebab dari flora yang ada didalam miss V menjadi terganggu yaitu karena pemakaian dari antiseptik untuk miss V bagian dalam.

Ketidakseimbangan yang terjadi ini, pada akhirnya akan bisa menyebabkan jamur tumbuh serta kuman lainnya tumbuh. Padahal flora normal sendiri sangatlah dibutuhkan sekali untuk membantu menekan tumbuhan atau flora yang lain supaya tidak tumbuh dengan subur didalam miss V. Jika tingkat keasaman didalam miss V mengalami perubahan, maka kuman-kuman pun akan dengan mudahnya tumbuh, sehingga pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya infeksi yang menyebabkan keputihan seperti bau tak sedap, gatal-gatal dan membuat anda jadi tidak nyaman.

Terlebih lagi untuk wanita yang sudah married, saat melakukan hubungan intim, maka wanita akan membuka jalan bagi kuman-kuman dari luar masuk kedalam miss V. Karena itulah keputihan itu harus bisa disebabkan dari kuman penyebab penyakit kelamin yang bisa dibawa masuk dari pasangan. Sebaiknya lakukanlah hubungan intim sampai menikah. Karena biasanya wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim ia akan memiliki tingkat hygiene yang baik dan jarang terkena keputihan yang berbahaya.

Sebaiknya anda berhati-hatilah pada ciri-ciri keputihan yang tidak normal, sebab hal ini bisa saja merupakan salah satu proses keganasan. Salah satunya ialah gejala dari penyakit kanker leher rahim, adanya keputihan disertai bau tak sedap dan bahkan bercampur darah. Pada wanita yang belum melakukan hubungan intim, mereka juga bisa mengalami masalah keputihan. Tetapi penyebab keputihan yang berbahaya bisa terjadi diakibatkan kurangnya menjaga kebersihan didalam miss V, dan bisa diakibatkan juga karena cara membilas miss V yang salah.

Cara Mengobati Keputihan

Cara mengobati keputihan secara alami yakni salah satunya dengan memakai daun sirih. Cara mengobati keputihan dengan memakai daun sirih ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya, Ciri Ciri Keputihan Tidak Normal Pada Wanita, Kenali Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya - Alodokter

1. Ramuan daun sirih
Rendam daun sirih kedalam air selama kurang lebih 1 jam. Kemudian biarkan air ramuan daun sirih sampai dingin, dan anda bisa menggunakannya untuk membantu membersihkan miss V. Gunakan air ramuan daun sirih seminggu sekali, dan sebaiknya jangan terlalu sering.

2. Penggunaan pembersih daun sirih
Gunakanlah sabun pembersih daun sirih apabila anda tidak mengalami alergi wewangian. Tetapi sebaiknya pilihlah tingkat keasaman yang sesuai serta jangan digunakan setiap hari.

Nah, itu saja pembahasan tentang Ciri-ciri Keputihan yang Berbahaya tersebut. Silahkan anda baca kembali jika belum memahami masalah keputihan yang bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh kaum wanita. Terima kasih banyak sudah menyimak ulasan diatas...

Tidak ada komentar